FATHUR ROHMAN, 182610000634 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALAIM DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI MADRASAH TSANAWIYAH MAFATIHUL HUDA RAU KEDUNG JEPARA TAHUN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000634_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000634_BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. 182610000634_BAB II.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
4. 182610000634_BAB III.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. 182610000634_BAB IV.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
6. 182610000634_BAB V.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
7. 182610000634_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. 182610000634_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini fokus pada Manajemen Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alaim dengan Model Flipped Classroom di Madrasah Tsanawiyah Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara dengan merumuskan masalah; (1) Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Manajemen Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alaim di MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana Penerapan Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimana Hasil Manajemen Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dengan Model Flipped Classroom di MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?,
Jenis Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Dimana pendekatan kualitatif merupakan proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati.
Kesimpulan Penelitian ini bahwasanya di MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara telah mengimplementasikan manajemen pembelajaran kitab ta’lim muta’alim dengan model flipped classroom yang sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (1) Perencanaan manajemen pembelajaran manajemen pembelajaran kitab ta’lim muta’alim dengan model flipped classroom dikemas dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang penjabarannya melaui dari menentukan nama kegiatan, waktu kegiatan, tujuan dari kegiatan program tersebut, sasaran yang ingin dicapai, tempat kegiatan berlangsung serta sumber dana kegiatan. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh bapak guru dilalui dengan kegiatan pendahuluan, inti dan kegiatan penutup, sesuai dengan yang tertera pada rencana pelaksanaan pembelajaran.(3) Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan dengan Model Flipped Classroom sesungguhnya model Flipped Classroom memberikan pemahaman yang gamblang kepada peserta didik, karena dengan Model Flipped Classroom peneliti tertarik dan lebih efektif dari model pembelajaran seperti biasa. Antusias atau respon perserta didik lebih bagus dengan menggunakan Model Flipped Classroom ini. Hal ini terlihat dalam beberapa kegiatan peserta didik yang tampak dalam beberapa aktivitas yang dapat teramati seperti halnya menyimak pembelajaran, peserta didikpun menyimaknya dengan seksama.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr, H. Mashudi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Kitab Ta’lim Muta’alim |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1411 |