AHMAD SAHAL, 192610000656 (2021) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000656_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000656_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000656_BAB II.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
192610000656_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
192610000656_BAB IV.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
192610000656_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000656_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000656_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan & Evaluasi Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Religius di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara, Mendeskripsikan dan menganalisis Peningkatan Budaya Religius melalui Manajemen Kepala Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 .
Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan jenis deskriptif analitik, yang berlokasi di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara.Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: petama langkah-langkah manajemen antara lain : Perencanaan kegiatan budaya religius. dalam merencanakan budaya religius juga melibatkan semua warga sekolah, tidak hanya pihak dari kepala madrasah saja. Namun juga bersama guru untuk memadukan rencana kegiatan pembelajaran dalam menumbuhkan budaya religius, agar rencana kerja sekolah berjalan dengan efektif dan efisien, pengorganisasian pada program budaya religius di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri, membentuk tim guru pembimbing Al-Qur’an, pembimbing sholat, dan adanya pks kesiswaan dan membina anak-anak menggerakkan program budaya religius, Pelaksanaan kegiatan budaya religius : upaya pihak madrasah dalam membiasakan budaya religius dalam madrasah diantaranya: melakukan doa dan istigosah bersama, membaca tadarus Al-Qur’an, melaksanakan sholat berjama’ah, berpakaian Islami, pemberian contoh tauladan yang baik bagi siswa. kegiatan budaya religius yang dilaksanakan pada setiap tahunnya di Madrasah Aliyah Kepala Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri, diantaranya adalah peringatan tahun baru 1 Muharram, peringatan maulid nabi, peringatan Isra Mi’raj, Peringatan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, kegiatan pesantren saat ramadhan, evaluasi dan pengawasan yang dilakukan kepala madrsah Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara yakni dengan membentuk guru pembimbing setiap pelaksanaan kegiatan budaya religius, melakukan tinjauan langsung dilapangan serta melakukan rapat bersama dewan guru. Kedua hasil peningkatan budaya religius melalui manajemen kepemimpinan kepala madrasah adalah peserta didik mampu mencapai indikator dari wujud budaya religius tersebut. Indikator wujud budaya religius yang sudah dicapai oleh peserta didik di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim adalah senyum, salam, sapa (3S), saling hormat (sopan santun) dan toleran, puasa senin dan kamis, Shalat Dhuha, tadarus Al-Qur’an, doa bersama dan Istighasah, jama’ah shalat Dzuhur, serta berpakaian Islami
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Religius, Manajemen Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1395 |