ARIS NUR CAHYONO, 141310003213 (2020) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII MTS. TERPADU DARUTTAUHID JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003213_COVER.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
2. 141310003213_BAB I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. 141310003213_BAB II.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. 141310003213_BAB III.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. 141310003213_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. 141310003213_BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 141310003213_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. 141310003213_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah yang penulis teliti adalah: 1). Bagaimanakah implementasi metode sorogan dalam pembelajaran fikih di kelas VIII MTs. Terpadu Daruttauhid Jepara? 2). Bagaimanakah kelebihan dan kekurangan metode sorogan dalam pembelajaran fikih di kelas VIII MTs. Terpadu Daruttauhid Jepara?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penulis mencari sumber data yang dibagi menjadi sumber primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan juga dengan membaca buku-buku sumber serta memahami kajian yang terdapat dalam buku-buku sumber tersebut kemudian menganalisa dan membandingkan, kemudian diidentifikasi dan dikelompokkan serta diklarifikasi sesuai dengan pokok bahasan dalam bentuk bab per bab guna mempermudah menganalisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan di kelas VIII MTs. Terpadu Daruttauhid Jepara dilaksanakan di kelas masing-masing sesuai jam pelajaran dari madrasah. Media yang digunakan adalah kitan Fath al-Qarib al-Mujib karya Syekh Muhammad bin Qasim Al-ghazi. Praktiknya, peserta didik membaca kosongan materi yang terdahulu. Kemudian guru menyimak dan membenarkan bila terjadi kesalahan. Setelah itu, guru mengajar mapel berikutnya. Sebelum KBM selesai, peserta didik disuruh kembali membaca apa yang telah dibacakan oleh guru tadi. Kali ini dengan kitab yang ada maknanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Ahmad Ali Munir, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan, Pembelajaran Fikih. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1386 |