NUUR MUCHAMMAD, 141310003138 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI ILMU TAJWID DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTs HERU COKRO MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003138_COVER.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
2. 141310003138_BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. 141310003138_BAB II.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
4. 141310003138_BAB III.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. 141310003138_BAB IV.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 141310003138_BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. 141310003138_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran di MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. (2) Penggunaan aplikasi ilmu tajwid di MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara . (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran di MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut Dan dalam mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, mendalam dan terrinci untuk memperoleh data penelitiannya. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah: pelaksanaan pembelajaran di MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara, Pada setiap program kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka/awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup/akhir. Adapun program kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan yaitu tentang pengguanna aplikasi ilmu tajwid dalam pembelajaran Al-Quran Hadist di MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. Pelaksanaan program pembelajarannya berjalan menarik dan terbentuk suasana yang nyaman. Didukung juga dengan kemampuan pendidik yang baik dan kekreatifan dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran, antara lain: dukungan yang sangat baik dari peserta didik dan pihak sekolah, peserta didik bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan pendidik yang professional serta memiliki kreativitas dalam model pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran antara lain: ketika pembelajaran terkendala massalah teknis seperti listrik mati atau proyektor rusak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:07 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1385 |