KHOIRUN YUSUF, 1413110003189 (2020) STUDI ANALISIS KONSEP TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA DI BUKU KI HADJAR DEWANTARA (PEMIKIRAN, KONSEPSI, KETELADANAN, SIKAP MERDEKA) DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 1413110003189_COVER.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
2. 1413110003189_BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. 1413110003189_ BAB II.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. 1413110003189_BAB III.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. 1413110003189_BAB IV.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. 1413110003189_BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. 1413110003189_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Konsep Tujuan Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. 2) Mengetahui Relevansi Konsep Tujuan Menurut Ki Hajar Dewantara Terhadap Pendidikan Islam.
Dalam tugas akhir penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis maupun elektronik. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang dimaksud untuk membuka pesan yang terkandung dalam bahasa tentang pendidikan Islam yang diungkapkan oleh tokoh yang berbeda.
Hasil analisa, menunujukkan bahwa. 1) Konsep Tujuan Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara, mengarahkan potensi peserta didik sesuai kodratnya dan mengarahkan kearah yang lebih baik untuk mencapai manusia yang bahagia di dunia dan akhirat dengan konsep among, yaitu menuntun peserta didik dengan memperhatikan potensi yang dimiliki kearah yang baik, untuk membuat peserta didik yang memiliki akhlak budi pekerti yang luhur dan kecerdasan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. 2) Relevansi Konsep Tujuan Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara terhadap Pendidikan Islam sangat relevan karena sama-sama memiliki tujuan untuk mewujudkan peserta didik mampu menjadi manusia yang memiliki akhlak atau budi pekerti luhur dan kecerdasan yang baik untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Ki Hadjar Dewantara, Tujuan Pendidikan, Relevansi |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:00 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1380 |