ITA YULIYANTI, 141310003171 (2020) PELAKSANAAN TEKNIK SIMULASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN GERAKAN SHALAT FARDHU SISWA KELAS III SDN TELUK KULON KALINYAMATAN JEPARA TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003171_COVER.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
2. 141310003171_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. 141310003171_BAB II.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
4. 141310003171_BAB III.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. 141310003171_BAB IV.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
6. 141310003171_BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 141310003171_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. 141310003171_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
Abstract
Shalat merupakan rukun Islam yang ke- 2. Sebagai umat Islam, kita harus mampu melaksanakan shlat dengan benar karena shlat adalah tiang agama. Dengan demikian, pondasi yang kuat harus kita berikan kepada anak didik agar mereka dapat melakukan shalat sesuai perintahNya.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan Teknik Simulasi pada pembelajaran keterampilan gerakan shalat fardhu siswa kelas III SDN Teluk Kulon Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik simulasi pada pembelajaran keterampilan gerakan shalat fardhu siswa kelas III SDN Teluk Kulon Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020.
Jenis penelitian dalam permasalahan yang diteliti bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang hanya benar- benar memaparkan apa yang terjadi dalam sebuah kancah, lapangan atau wilayah tertentu. Kemudian data akan dikelompokkan menurut jenis, sifat dan kondisinya untuk selanjutnya akan dibuat kesimpulan. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif yang menghasilkan data deskriptif bukan berupa angka- angka.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian angket. Selanjutnya, data- data yang sudah diperoleh dirangkum dan disajikan dalam bentuk naratif sehingga diperoleh kesimpulan yang jelas.
Dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan Teknik Simulasi pada pembelajaran keterampilan gerakan shalat fardhu siswa kelas III SDN Teluk Kulon dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan shalat dhuhur berjamaah dengan jadwal yang sudah ditentukan pada masing- masing kelas. Untuk penilaian praktik gerakan shalat, Guru menetapkan penilaian shalat secara individu yang difokuskan pada ketetatan gerakan dan bacaan shalat. Hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 3 siswa dari 18 siswa atau 16, 6% dinyatakan belum lulus dengan kategori berhasil. Untuk penilaian praktik shalat berjamaah difokuskan pada ketepatan gerakan, kekhusyukan dan kelengkapan pakaian. Dalam penilaian shalat berjamaah yang dilaksanakan 11 siswa, diperoleh 100% siswa dinyatakan lulus. (2) Faktor pendukung pelaksanaan teknik simulasi di SDN Teluk Kulon yaitu tersedianya sarana tempat ibadah (musholla), tempat wudhu yang cukup, perlengkapan ibadahdan adanya guru selaku imam; Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan teknik simulasi di SDN Teluk Kulon adalah kurangnya kesadaran siswa akn pentingnya mengikuti sholat berjamaah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj.Ana Rahmawati, LC., M.Hum. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat, Sholat > 2X4.121 Shalat Wajib 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:54 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 02:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1376 |