Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di SD Negeri 1 Guyangan Bangsri Jepara)

NUR CHAMNAH, 131310002951 (2020) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di SD Negeri 1 Guyangan Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1.131310002951_COVER.pdf]
Preview
Text
1.131310002951_COVER.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2.131310002951_BAB I.pdf]
Preview
Text
2.131310002951_BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 3.131310002951_BAB II.pdf]
Preview
Text
3.131310002951_BAB II.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 4.131310002951_BAB III.pdf]
Preview
Text
4.131310002951_BAB III.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 5.131310002951_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5.131310002951_BAB IV.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 6.131310002951_BAB V.pdf]
Preview
Text
6.131310002951_BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 7.131310002951_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
7.131310002951_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8.131310002951_Lampiran.pdf]
Preview
Text
8.131310002951_Lampiran.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi role playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa. 2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar pendidikan agama islam setelah diterapkannya metode role playing. 3) Untuk mendeskripsikan Faktor penghambat dalam implementasi role playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Implementasi metode role playing sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa SDN 1 Guyangan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan selama tiga siklus Terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, dari tahap pra siklus rata-rata nilai siswa 73.96, dan pada siklus 1 dengan rata-rata 75.63 dan siklus 2 naik menjadi 76.67. dan pada siklus ke 3 naik menjadi 79.38.
Peningkatan minat belajar pendidikan agama islam setelah diterapkannya metode role playing mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata kenaikan tiap siklus 12.44% denga prosentase minat belajar tiap siklus mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata-rata keaktifan 61.66% dan pada siklus 1 rata-rata keaktifan siswa 65.83% dan pada siklus 2 naik menjadi 65% dan pada silkus 3 naik menjadi 69.17%
Faktor penghambat dalam implementasi role playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SDN 1 Guyangan Tahun Pelajaran 2019/2020 kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dalam penerimaan materi mengalami perbedaan dengan kemampuan siswa yang pandai, keterbatasan modul pelajaran, dan juga aloksi waktu yang terbatas. Namun dengan kempuan guru dalam menyampaikan materi dan juga penerapan media sehingga dapat memanfaatkan waktu yang terbatas dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Santi Andriyani, S.Pd.I.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Role playing, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:00
Last Modified: 03 Jan 2022 07:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item
View Item