ANDIKA EKA SAFITRI, 161310003561 (2020) PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI ABBASIYAH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003561_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003561_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003561_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003561_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003561_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161310003561_BAB V.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
161310003561_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003561_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (19MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan soal open-ended mata pelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah berbasis HOTS di MAN 1 Jepara. (2) Menghasilkan soal open-ended berbasis HOTS yang berkualitas setelah dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif pada mata pelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah di MAN 1 Jepara. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah. Soal ini berbentuk pilihan ganda berjumlah 15 butir soal, benar-salah sejumlah 7 butir soal dan soal essay sejumlah 5 butir soal. Soal ini mencakup taraf menganalisis, menilai dan menciptakan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu analyze (analisa), design (desain/perancangan), development (Pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di MAN 1 Jepara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif yang mencakup analisis kevalidan soal dari pakar ahli dan analisis kuantitatif yang mencakup uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh pada setiap tahapnya.
Berdasarkan hasil analisis kualitatif menunjukkan hasil bahwa soal yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid baik dari konten, konstruk maupun bahasa. Sedangkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan hasil bahwa setelah di analisis melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh maka terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu ada 11 soal dalam kategori baik (41%), ada 4 soal dalam kategori cukup baik (15%), ada 6 soal dalam kategori kurang baik (22%) , ada 4 soal dalam kategori jelek (15%) dan ada 2 soal dalam kategori sangat jelek (7%). Pengembangan ini sangat perlu untuk dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas peserta didik agar dapat berpikir secara kritis, kreatif dan memecahkan masalah yang dihadapi melalui penyelesaian soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Soal Open-Ended, Sejarah Kebudayaan Islam, Dinasti Abbasiyah, Higher Order Thinking Skill (HOTS) |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam > 2X9.4 Zaman Daulah Abbasiyah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 06:58 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 06:58 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1335 |