Search for collections on Publications

PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN AIR PAMSIMAS TIRTA LANGGENG BERBASIS WEB DI DESA BATEALIT KABUPATEN JEPARA

MUHAMMAD KEVIN RYOMA, 141240000317 (2021) PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN AIR PAMSIMAS TIRTA LANGGENG BERBASIS WEB DI DESA BATEALIT KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141240000317-COVER.pdf]
Preview
Text
141240000317-COVER.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-BAB I.pdf]
Preview
Text
141240000317-BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-BAB II.pdf]
Preview
Text
141240000317-BAB II.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-BAB III.pdf]
Preview
Text
141240000317-BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-BAB IV.pdf]
Preview
Text
141240000317-BAB IV.pdf - Published Version

Download (929kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-BAB V.pdf]
Preview
Text
141240000317-BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 141240000317-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141240000317-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

PAMSIMAS adalah pelayanan penyediaan air dan sanitasi bagi masyarakat. Pamsimas merupakan salah satu diantara program unggulan Pemerintah dalam meningkatkan akses aman ketersediaan air minum dan sanitasi pedesaaan dengan pendekatan yang berbasis masyarakat. Desa Batealit salah satu pengguna pamsimas yang menyediakan pelayanan penyediaan air bagi masyarakat. Desa Batealit menjadi salah satu desa di Kabupaten Jepara yang mendapatkan bantuan langsung masyarakat program pamsimas yang berasal dari APBN tahun anggaran 2018. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, perlu adanya manajemen yang baik dalam proses pengelolaan dan pelayanan pamsimas. Salah satunya adalah pelayanan pembayaran air yang masih tergolong manual dalam proses pencatatan data tagihan air. Teknik yang digunakan ini sangat tidak menghemat waktu, dan masih terjadi kesalahan data. Berdasarkan masalah tersebut perlu adaya sistem informasi dapat mempercepat proses pelayanan pembayaran air pamsimas khususnya dalam melakukan pencatatan standmeter yang tepat dan akurat. Metode pengembangan yang digunakan yaitu RAD (Rapid Application Development). Permodelan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Pengembangan Aplikasi menggunakan framework laravel dan MySQL sebagai basis data. Berdasarkan pengujian yang dilakukan ahli materi menghasilkan persentase sebesar 100% , Pengujian oleh ahli media menghasilkan persentase 100% dan 30 responden menghasilkan persentase 85,08 % sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Buang Budi Wahono, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Pamsimas,Standmeter,Laravel, Sistem Informasi
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.262 Pemrograman untuk Bahasa Pemrograman Tertentu (web, HTML, PHP, java, visual basic, fox pro)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:36
Last Modified: 31 Dec 2021 02:36
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item
View Item