Search for collections on Publications

PENGARUH PENANGANAN KELUHAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL DI JEPARA

VENNY AULIA ROHMAH, 171110002057 (2021) PENGARUH PENANGANAN KELUHAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL DI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 171110002057_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 171110002057_COVER.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of 2. 171110002057_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 171110002057_BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. 171110002057_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 171110002057_BAB II.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. 171110002057_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 171110002057_BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 5. 171110002057_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 171110002057_BAB IV.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 6. 171110002057_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 171110002057_BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. 171110002057_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 171110002057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 8. 171110002057_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 171110002057_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penggunaan ponsel yang marak di masyarakat sekarang ini menumbuhkan kesan bahwa sarana telekomunikasi berbentuk ponsel ini sudah tidak lagi dipandang sebagai barang mewah, karena masyarakat sudah menganggapnya sebagai kebutuhan, tidak hanya ponsel masyarakat juga memerlukan simcard prabayar maupun pascabayar untuk mendukung pemanfaatan ponsel. Tidak hanya ponsel dengan begitu banyak kartu prabayar dan pasca bayar yang dijual beberapa perusahaan pada masyarakat, memicu persaingan yang kuat antara perusahaan satu dengan yang lain. Di pihak konsumen, mereka punya banyak pilihan dari berbagai macam produk mulai dari Telkomsel memiliki tiga produk GSM. Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 178 juta pelanggan dalam satu negara di tahun 2018. Di Indonesia berdasarkan hasil rekonsiliasi hingga 30 April 2018, jumlah pelanggan Telkomsel 150 juta, XL Axiata 45 juta pelanggan, Indosat Ooredoo 34 juta pelanggan, Tri Indonesia 17 juta dan Smartfren 7 juta (Daon, 2018).
Tujuan penelitian ini (1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di Jepara. (2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di Jepara. (3) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh penanganan keluhan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di Jepara.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif, yang berlandaskan pada falsafah positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dimana. Subjek Penelitian ini adalah pelanggan Telkomsel di Jepara. Jumlah responden sebanyak 96 pelanggan.
Hasil Penelitian ini adalah bahwa: (1) Secara parsial penanganan keluhan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan bahwa semakin baik tingkat penanganan keluhan hingga akan semakin tinggi loyalitas terbukti dari indikator variabel penanganan masalah yang paling mendominasi diantaranya kemudahan prosedur pengajuan komplain dan penyelesaian masalah secara memuaskan. (2) Secara parsial kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan bahwa semakin besar kepuasan pelanggan maka akan semakin tinggi loyalitas pelanggan Telkomsel. (3) Secara simultan penanganan keluhan dan kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Samsul Arifin., S.E., M.M
Uncontrolled Keywords: Penanganan Keluhan, Kepuasan dan loyalitas
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:06
Last Modified: 30 Dec 2021 03:06
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item
View Item