EVA CHOLIFATULLAYLY, 161310003698 (2020) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDN 02 PENGKOL JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003698_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003698_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
161310003698_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
161310003698_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003698_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003698_BAB V.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
161310003698_DAFTAR PUISTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003698_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui metode pembelajaran guru pendidikan agama islam, (2) Mengetahui metode pembelajaran guru pendidikan agama kristen, (3) Mengetahui dampak metode pembelajaran guru pendidikan agama islam dengan guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa di SDN 02 Pengkol Jepara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan mengambil lokasi penelitian di SDN 02 Pengkol Jepara. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif deskriptif dengan cara melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek dalam peneltian ini adalah guru pendidikan agama islam dan guru pendidikan agama kristen.
Berdasarkan hasil analisis kualitatif deskriptif menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pendidikan agama islam di SDN 02 pengkol jepara adalah metode ceramah , metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode demonstrasi. Sedangkan metode yang di terapkan oleh guru pendidikan agama Kristen yaitu metode ceramah, dan metode tanya jawab. Namun secara realnya metode yang digunakan kedua guru tersebut lebih dominan pada metode ceramah, dimana metode ceramah menurut guru di anggap paling efektif.
Dampak dari penerapan metode pembelajaran didalam kelas dapat membentuk karakter peserta didik agama islam disiplin, rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif, dan tanggung jawab, sedangkan peserta didik agama kristen karakternya disiplin, religius dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan, Metode Pembelajaran, Karakter |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 08:19 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 08:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1227 |