MAFTUHATUL AULIA, 141310003169 (2020) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) MELALUI NYANYIAN ISLAMI DI PAUD NURUSSALAM AL MUBAROK PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Deskriptif). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003169_COVER.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
2. 141310003169_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. 141310003169_BAB II.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. 141310003169_BAB III.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. 141310003169_BAB IV.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. 141310003169_BAB V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. 141310003169_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 141310003169_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) penerapan pendekatan pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) melalui nyanyian islami di PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara ; 2) hasil penerapan pendekatan pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) melalui nyanyian islami di PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara ; 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) melalui nyanyian islami di PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara; 3)
Penelitian ini termasuk jenis penelitian “field research” yaitu studi lapangan yang berbentuk kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru sentra di PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara dan peserta didik PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : pelaksanaan penerapan pendekatan pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) melalui nyanyian islami di PAUD Nurussalam Al Mubarok Pakis Aji Jepara mencakup empat tahapan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Pendekatan BCCT melalui nyanyian islami adalah pendekatan pembelajaran yang dalam pelaksanaanya guru memberikan bimbingan yang cukup luas kepada peserta didik dengan tidak melepas kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan BCCT sudah sesuai dengan prosedur tahapan-tahapan yang sudah ditentukan. Hal terlihat dari beberapa indikator yang sudah tercapai seperti afektif, kognitif dan psikomotorik. Faktor pendukung penelitian ini kurikulumnya sudah tersetruktur dalam RPPH dan RPPM, hubungan interaksi yang terjalin antara pendidik dengan orang tua sangat baik, tersedianya media dan alat main, minat peserta didik yang tinggi, ruang kelas yang memsadai. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran untuk penerapan pendekatan BCCT adalah tingkat kemampuan anak yang berbeda-beda, keterbatasan pembagian waktu, dan pendidik kurang mampu dalam mengembangkan ragam main.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Pendekatan Pembelajaran BCCT, Nyanyian Islami |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:31 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1225 |