FANDI ROHMAN, 161310003656 (2020) KONSEP PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Analisi Q. S. Ali Imron Ayat 159). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003656_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003656_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003656_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
161310003656_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003656_BAB IV.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
161310003656_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003656_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003656_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Salah satu problem pendidikan saat ini adalah adanya tindakan kekerasan yang semakin merajalela padahal pendidikan sejatinya di harapkan mampu mengubah peserta didik atau masyarakat ke arah yang lebih baik dan bermartabat. Di sini lah pentingnya mengerti dan memahami konsep pendidikan anti kekerasan yang mengacu pada dunia pendidikan. Bagaimana seseorang harus bersikap, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan menghadapi situasi tertentu. Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya mau mempelajari tentang kandungan isi Al-Qur’an, khususnya yang terkait dengan Anti Kekerasan, karena bagi umat Muslim Al-Qur’an merupakan referensi utama dalam mengatur hidupnya di samping memahami tentang hadits Rasullullah SAW. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui konsep pendidikan anti kekerasan yang terdapat dalam surat Ali Imron ayat 159. (2) Untuk mengetahui implementasi dari konsep pendidikan anti kekerasan yang terdapat dalam surat Ali Imron ayat 159 di era revolusi industri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, observasi, wawancara serta beberapa pemahaman kajian analisis tafsir (metode tahlili, induktif, komparatif).
Hasil dari penelitian ini adalah: secara garis besar terdapat empat poin utama terkait konsep pendidikan anti kekerasan yang ada dalam surat Ali Imron ayat 159 yaitu: (1) sikap menjunjung tinggi kebaikan sesama muslim (dengan cara bersikap lemah lembut), (2) pendidikan saling memaafkan, (3) pendidikan untuk selalu bermusyawarah, dan (4) pendidikan anti kekerasan tentang tawakkal. Sedangkan implementasi dari konsep penddidikan anti kekerasan tersebut dalam masyarakat tidak begitu baik, karena memang di pengaruhi oleh faktor lingkungan juga. Namun ada sisi baiknya yaitu peran para tokoh masyarakat dan orang-orang penting di lingkungan masyarakat juga sangat membantu terwujudnya kehidupan anti kekerasan, harmonis dan rukun.
Dari beberapa konsep pendidikan anti kekerasan yang terkandung dalam surat Ali Imron ayat 159 masih ada beberapa sikap yang seharusnya di hindari oleh pendidik maupun peserta didik namun dianggap seperti hal yang wajar di lakukan oleh seseorang seperti: sikap kasar, dan tidak toleran. Sehingga masih perlu adanya pemahaman yang lebih agar peserta didik maupun pendidik benar-benar mampu menerapkan sikap-sikap anti kekerasan yang baik di lembaga pendidikan maupun lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembmbing : Ana Rahmawati, Lc., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anti Kekerasan, Ali- Imron Ayat 159 |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 04:00 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 04:00 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1223 |