ELA UMIANA, 161310003581 (2020) STRATEGI PROGRAM UNGGULAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ma’rifat Banjaragung Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003581_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003581_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003581_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
161310003581_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003581_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
161310003581_BAB V.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
161310003581_DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003581_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi program unggulan pondok pesantren dalam meningkatkan life skill santri di pondok pesantren Miftahul Ma’rifat Banjaragung Bangsri Jepara. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi program unggulan pondok pesantren Miftahul Ma’rifat Banjaragung Bangsri Jepara.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu strategi program unggulan pondok pesantren sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan life skill santri sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode observasi untuk memperoleh data penelitian secara langsung terkait aktivitas dan sarana prasarana, metode wawancara yang dilakukan dengan pengasuh, pengurus, pendidik, dan santri pondok pesantren Miftahul Ma’rifat dan yang terakhir melalui metode dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menganalisis data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi program unggulan pendidikan yang terdapat di pondok pesantren Miftahul Ma’rifat Banjaragung Bangsri Jepara yaitu (1) menyusun tujuan diadakannya program unggulan, (2) memilih dan menetapkan perencanaan atau manajemen pendidikan life skill, misalnya prosedur, metode dan fasilitas, (3) menetapkan kriteria keberhasilan atau indikator keberhasilan pendidikan life skill dapat meningkatkan life skill santri meskipun tidak sepenuhnya tercapai dalam setiap setiap program unggulan. Hal ini dibuktikan dari klasifikasi life skill yang tercapai dalam setiap program unggulan. Diantara pendidikan life skill yang tercapai melalui Keterampilan Menjahit yaitu academic skill dan vocational skill, Usaha Depo Air Minum berupa thingking skill, social skill, academic skill, dan vocational skill, Pencak Silat berupa personal skill, thingking skill, social skill dan vocational skill, dan Agro Pertanian pendidikan life skill yang tercapai yaitu social skill, dan vocational skill.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Santi Andriyani, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Program Unggulan, Pendidikan Life Skill Santri |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 03:34 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:34 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1219 |