Search for collections on Publications

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILLING DAN IRAMA TERHADAP MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA JUZ 29 DAN 30 SISWA KELAS 1 ABU BAKAR DI MI PTQ DARUL HIKMAH MENGANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AMALIA CHOIRIL MALA, 151310003449 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILLING DAN IRAMA TERHADAP MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA JUZ 29 DAN 30 SISWA KELAS 1 ABU BAKAR DI MI PTQ DARUL HIKMAH MENGANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 151310003449_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 151310003449_COVER.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 2. 151310003449_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 151310003449_BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. 151310003449_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 151310003449_BAB II.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 4. 151310003449_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 151310003449_BAB III.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. 151310003449_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 151310003449_BAB IV.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 6. 151310003449_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 151310003449_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 7. 151310003449_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 151310003449_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 8. 151310003449_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 151310003449_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa dalam Penggunaan Metode Drilling dan Irama Terhadap Motivasi dalam Menghafal al-Qur’an Pada Juz 29 Dan 30 Siswa Kelas 1 Abu Bakar Di MI PTQ Darul Hikmah Menganti Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk megetahui motivasi dalam menghafal al-Qur’an pada juz 29 dan 30 siswa kelas 1 Abu Bakar di MI PTQ Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara tahun 2019/2020. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa dalam pengaruh penggunaan metode Drilling dan Irama terhadap motivasi dalam menghafal al-Qur’an pada jus 29 dan 30 siswa kelas 1 Abu Bakar di MI PTQ Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara tahun 2019/2020.

Persepsi siswa dalam penerapan metode drill dinnyatakan valid terbukti nilai Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari tabel product moment dengan N = 31 sebesar 0.533. Dan samua item dinyatakan valid, dan reliable dengan nilai Reliabilitas sebesar 0,965 > dari r tabel 0,533 berarti Angket X reliabel. Dan motivasi Siswa Menghafal dengan nilai validitas variable Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari tabel product moment dengan N = 31 sebesar 0.533. Dan samua item dinyatakan valid. Reliabilitas sebesar 0,946 > dari r tabel 0,533 berarti Angket Y reliabel.

Pengaruh penggunaan metode Drilling dan Irama terhadap Motivasi dalam Menghafal al-Qur’an Pada Siswa Kelas 1 Abu Bakar di MI PTQ Darul Hikmah Menganti bahwa metode Drilling dan Irama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Menghafal Siswa, untuk variable Pengaruh Metode Drill dan Irama adalah sebesar 0.423 untuk nilai signifikan adalah 0.675. Hal ini berarti arah koefisien regresi positif dimana Metode Drill dan Irama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Siswa Menghafal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Nor Laila., S.Th.I,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Metode drilling dan irama, motivasi, menghafal Al-Qur’an pada Juz 29 dan 30
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:14
Last Modified: 28 Dec 2021 03:14
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item
View Item