ARIF SUSMINTO, 151310003507 (2020) STUDI ANALISIS PEMBERDAYAAN ALUMNI SEBAGAI TENAGA PENDIDIK DI PONDOK ASSALAM BANGILAN TUBAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003507_cover.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003507_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003507_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003507_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003507_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003507_BAB V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003507_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003507_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan alumni sebagai tenag pendidik, kelemahan dan kelebihan serta factor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambatnya.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sumberdatanya menggunakan sumber data primer dan sekunder, adapun teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kulaitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah:1) Pemberdayaan Alumni Sebagai Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban adalah a) langkah persiapan, b) perencanaan perekrutan tenaga pendidik baru, c) seleksi calon tenaga pendidik. 2) Kelebihan dan Kekurangan dalam Pemberdayaan Alumni Sebagai Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban adalah: kelebihan: a) Memiliki jiwa atau rasa memiliki terhadap pondok pesantren, b) Langsung dapat mengamalkan apa yang telah didapatkan dari Pondok Pesantren, c) Dapat digunakan sebagai pengalaman pertama dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pendidik sebelum terjun langsung di masyarakat tempat tinggal maupun masyarakat di luar pondok pesantren, d) Pengembangan potensi mendidik bagi alumni. Kekurangannya: a) Kurang memenuhi spesifikasi atau aturan yang berlaku sebagai tenaga pendidik. b) Kurang mempunyai pengalaman dalam mendidik peserta didik. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Pemberdayaan Alumni Sebagai Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban adalah: factor pendukung a) Sarana dan prasarana yang memadai, b) Tenaga pendidik lainnya saling mendukung dan saling bekerjasama, c) Mempunyai jiwa Assalam dimana alumni mempunyai rasa memiliki sehingga almni akan bekerja keras untuk mengamalkan ilmu demi kemajuan pondok pesantren. factor penghmbat: a) Kurangnya pengalaman mengajar yang membuat mental terkadang gerogi, b) Kurangnya pengetahuan mengenai berbagai metode pengajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Alumni, dan Tenaga Pendidik. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 03:14 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:14 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1200 |