AHMAD MUHAMMAD FAIZ UMAR FARUQ, 151310003349 (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII MTS NURUL MUSLIM MINDAHAN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003349_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003349_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003349_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003349_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003349_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003349_BAB V.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
151310003349_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003349_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas pengecoh/Distractor Soal Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTs Nurul Muslim Mindahan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Muslim Mindahan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah soal-soal dan kunci jawaban yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan program ANATES V4 dan microsoft excel 2010.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ditinjau dari Validitas, butir soal valid pada soal pilihan ganda berjumlah 29 butir (72%) dan tidak valid 11 butir (28%). Soal uraian valid berjumlah 4 soal (80%) dan tidak valid 1 butir soal. (2) ditinjau dari Reliabilitas, soal memiliki reliabilitas tinggi dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,78 untuk soal pilihan ganda dan soal uraian memiliki Reliabilitas rendah yaitu 0,59. (3) ditinjau dari Daya Pembeda, butir soal pilihan ganda kategori tidak baik berjumlah 3 butir (7%), jelek 19 butir (48%),cukup 18 butir (45%). Soal uraian dengan kriteria tidak baik 1 butir (20%), jelek 1 butir (20%), cukup 1 butir (20%), baik 2 butir (40%). (4) ditinjau dari tingkat kesukaran, soal pilihan ganda dengan kategori sangat sukar 2 butir (5%), sukar 4 butir (10%), sedang 23 butir (57%), mudah 5 butir (13%), sangat mudah 6 butir (15%). Pada soal uraian kategori sukar 1 butir (20%), sedang 1 butir (20%), mudah 3 butir (60%). (5) ditinjau dari Efektivitas pengecoh/Distractor, deangan kategori sangat baik 2 butir (5%), baik 6 butir (15%), cukup baik 12 butir (30%), kurang baik 16 butir (40%), tidak baik 4 butir (10%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Efektivitas Pengecoh/Distractor |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 03:09 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:09 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1195 |