Search for collections on Publications

GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BANJIR UNTUK PENGENALAN BENCANA BANJIR PADA ANAK MI NEGERI 2 JEPARA

AJI PRASETYO, 171240000730 (2021) GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BANJIR UNTUK PENGENALAN BENCANA BANJIR PADA ANAK MI NEGERI 2 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171240000730_COVER.pdf]
Preview
Text
171240000730_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_BAB I.pdf]
Preview
Text
171240000730_BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_BAB II.pdf]
Preview
Text
171240000730_BAB II.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_BAB III.pdf]
Preview
Text
171240000730_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_BAB IV.pdf]
Preview
Text
171240000730_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_BAB V.pdf]
Preview
Text
171240000730_BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
171240000730_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171240000730_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171240000730_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana yang sering melanda Indonesia termasuk di Jepara. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara tercatat setiap tahunnya mengalami kejadian bencana banjir di wilayah tertentu. Pengetahuan tentang kebencanaan sudah seharusnya diberikan kepada masyarakat, terutama anak – anak. Akan tetapi untuk saat ini semua sekolah dan universitas dialihkan ke sistem pembelajaran online atau daring dikarenakan adanya virus covid-19, tentunya sekolah MI Negeri 2 Jepara menerapkan sistem tersebut. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan salah satu guru di MI Negeri 2 Jepara dirasa kurang efektif dikarenakan para siswa merasakan bosan dan jenuh ketika belajar dari rumah karena tidak adanya teman sebagai interaksi siswa, selain itu peran orang tua sangatlah penting dalam mendampingi pembelajaran siswa dari rumah, tetapi orang tua siswa sibuk dengan urusanya sendiri. Dengan permasalahan diatas maka peneliti merancang game edukasi tentang kesiapsiagaan banjir pada mata pelajaran PPKN kelas V, dibuat menggunakan aplikasi Construct 2 dan dirancang menggunakan metode waterfall. Game Edukasi dirancang untuk menggali minat belajar siswa ketika belajar dari rumah. Karena siswa dapat belajar sambil bermain sehingga siswa tidak cepat merasakan bosan dan jenuh ketika memahami materi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Edukasi kesiapsiagaan banjir yang bernama (GEBI) dirancang untuk memberikan pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran PPKN mengenai hak, kewajiban, dan tanggung jawab dalam pencegahan dan penanggulangan banjir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom. M.Kom. Pembimbing II : Nadia Annisa Maori, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Bencana Banjir, Game Edukasi, Construct 2, Waterfall
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:04
Last Modified: 27 Dec 2021 03:04
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item
View Item