AJI PRASETYO, 171240000730 (2021) GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BANJIR UNTUK PENGENALAN BENCANA BANJIR PADA ANAK MI NEGERI 2 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171240000730_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171240000730_BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
171240000730_BAB II.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
171240000730_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
171240000730_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171240000730_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
171240000730_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171240000730_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Banjir merupakan salah satu bencana yang sering melanda Indonesia termasuk di Jepara. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara tercatat setiap tahunnya mengalami kejadian bencana banjir di wilayah tertentu. Pengetahuan tentang kebencanaan sudah seharusnya diberikan kepada masyarakat, terutama anak – anak. Akan tetapi untuk saat ini semua sekolah dan universitas dialihkan ke sistem pembelajaran online atau daring dikarenakan adanya virus covid-19, tentunya sekolah MI Negeri 2 Jepara menerapkan sistem tersebut. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan salah satu guru di MI Negeri 2 Jepara dirasa kurang efektif dikarenakan para siswa merasakan bosan dan jenuh ketika belajar dari rumah karena tidak adanya teman sebagai interaksi siswa, selain itu peran orang tua sangatlah penting dalam mendampingi pembelajaran siswa dari rumah, tetapi orang tua siswa sibuk dengan urusanya sendiri. Dengan permasalahan diatas maka peneliti merancang game edukasi tentang kesiapsiagaan banjir pada mata pelajaran PPKN kelas V, dibuat menggunakan aplikasi Construct 2 dan dirancang menggunakan metode waterfall. Game Edukasi dirancang untuk menggali minat belajar siswa ketika belajar dari rumah. Karena siswa dapat belajar sambil bermain sehingga siswa tidak cepat merasakan bosan dan jenuh ketika memahami materi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Edukasi kesiapsiagaan banjir yang bernama (GEBI) dirancang untuk memberikan pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran PPKN mengenai hak, kewajiban, dan tanggung jawab dalam pencegahan dan penanggulangan banjir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom. M.Kom. Pembimbing II : Nadia Annisa Maori, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Bencana Banjir, Game Edukasi, Construct 2, Waterfall |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1157 |