Search for collections on Publications

KLASTERISASI KEMAMPUAN TAHFIDZ SISWA SMK LUQMAN AL HAKIM KUDUS MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

ABDUL AZIS, 171240000729 (2021) KLASTERISASI KEMAMPUAN TAHFIDZ SISWA SMK LUQMAN AL HAKIM KUDUS MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 171240000729_Cover.pdf]
Preview
Text
171240000729_Cover.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_BAB I.pdf]
Preview
Text
171240000729_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_BAB II.pdf]
Preview
Text
171240000729_BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_BAB III.pdf]
Preview
Text
171240000729_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_BAB IV.pdf]
Preview
Text
171240000729_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_BAB V.pdf]
Preview
Text
171240000729_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
171240000729_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000729_Lampiran.pdf]
Preview
Text
171240000729_Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berkualitas merupakan manifestasi dari perwujudan cita-cita bangsa. SMK Luqman Al Hakim Kudus adalah salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis pondok pesantren di kabupaten Kudus yang memiliki kompetensi kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan program unggulan Tahfidzul Qur’an. Sistem pembelajaran tahfidz hampir sama dengan kegiatan belajar di kelas, tetapi pembelajaran dilakukan dengan sistem kelompok. Terkadang siswa dengan kemampuan tahfidz rendah merasa kurang percaya diri apabila berada dengan sekelompok siswa yang memiliki kemampuan tahfidz yang tinggi. Hal ini bisa saja berdampak pada menurunnya semangat siswa dalam belajar tahfidz. Dalam mengatasi masalah tersebut maka akan dilakukan klasterisasi kemampuan tahfidz menggunakan Data Mining. Pada penelitian ini menggunakan metode Clustering algoritma K-Means. Data yang digunakan yaitu 70 data kemampuan tahfidz siswa SMK Luqman Al Hakim Kudus tahun 2018 sampai dengan 2020 dengan 4 atribut, yaitu kecepatan menghafal, makhorijul huruf, tajwid, dan kelancaran membaca Al Qur’an. Hasil yang diperoleh yaitu terbentuknya 4 cluster, dimana cluster 1 terdapat 19 siswa. Kebanyakan siswa memiliki kemampuan tahfidz yang sangat baik. Pada cluster 2 terdapat 36 siswa. Kebanyakan siswa tersebut memiliki kemampuan tahfidz dengan kriteria baik. Pada cluster 3 hanya terdapat 1 siswa. siswa memiliki kemampuan tahfidz yang cukup baik baik. Pada cluster 4 terdapat 14 siswa. Kebanyakan siswa memiliki kemampuan tahfidz dengan kriteria cukup baik tetapi jumlahnya lebih dari cluster 3. Diharapkan dengan terbentuknya cluster kemampuan tahfidz siswa SMK Luqman Al Hakim Kudus, maka pihak sekolah dapat menggunakan informasi tersebut untuk membentuk kelompok tahfidz yang lebih baik. Sehingga siswa merasa berada di kelompok tahfidz yang tepat, tidak merasa kurang percaya diri dengan teman teman satu kelompok yang memiliki kemampuan tahfidz sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : R. Hadapiningradja Kusumodestoni, M.Kom. Pembimbing II : Buang Budi Wahono, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Clustering, K-Means, Tahfidz, SMK Luqman Al Hakim Kudus
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:00
Last Modified: 27 Dec 2021 03:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item
View Item