Search for collections on Publications

ANALISA POLA BELANJA DI BUTIK KAMILA COLLECTION DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS

WIDI ASTUTI, 151240000512 (2021) ANALISA POLA BELANJA DI BUTIK KAMILA COLLECTION DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 161240000512_COVER.pdf]
Preview
Text
161240000512_COVER.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_BAB I.pdf]
Preview
Text
161240000512_BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_BAB II.pdf]
Preview
Text
161240000512_BAB II.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_BAB III.pdf]
Preview
Text
161240000512_BAB III.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_BAB IV.pdf]
Preview
Text
161240000512_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_BAB V.pdf]
Preview
Text
161240000512_BAB V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
161240000512_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 161240000512_Lampiran.pdf]
Preview
Text
161240000512_Lampiran.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Kamila Collection merupakan rumah produksi yang bergerak dibidang penjualan baju muslimah baik secara online maupun ditoko. Permasalahan muncul ketika Kamila Collection tidak dapat menentukan pola belanja yaitu produk apa saja yang lebih diminati oleh pihak konsumen dan dibeli secara bersamaan dalam satu transaksi sehingga produk yang tidak diminati atau tidak diketahui konsumen mengalami penumpukan stok dan dapat merugikan butik oleh sebab itu perlu adanya tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Penerapan market basket analysis menggunakan metode algoritma apriori menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Data penjualan di Kamila Collection selama 2 tahun dikumpulkan terdapat 800 data, dari data tersebut telah dilakukan analisis menggunakan algoritma apriori dengan tools RapidMiner dan Microsoft Excel. Hasil dari analisis menggunakan kedua tools ini memiliki hasil yang sama yaitu 99%. Analisis ini menghasilkan korelasi antara itemset yang dibeli, sehingga hasil yang didapatkan dapat digunakan untuk strategi pemasaran dan produksi dari Kamila Collection sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Harminto Mulyo, M.Kom Pembimbing II : R.H. Kusumodestoni, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Market basket analysis, Algoritma apriori, Konsumen, Pola belanja, RapidMiner, Microsoft Excel
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.268 Pemrograman untuk Sistem Operasi Tertentu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:58
Last Modified: 27 Dec 2021 02:58
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item
View Item