LENI AJILAH, 161310003637 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Surat Al-Hujurat Ayat 11-13). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003637_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003637_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003637_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
161310003637_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003637_BAB IV.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
161310003637_BAB V.pdf - Published Version
Download (925kB) | Preview
161310003637_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003637_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Salah satu problem pendidikan saat ini adalah adanya kemrosotan moral yang semakin merajalela padahal pendidikan sejatinya di harapkan mampu mengubah peserta didik atau masyrakat ke arah yang lebih baik dan bermartabat. Di sini lah pentingnya mengerti dan memahami nilai pendidikan sosial yang mengacu pada hubungan individu dengan individu yang lain di dalam sebuah masyarakat. Bagaimana seseorang harus bersikap, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan menghadapi situasi tertentu. Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya mau mempelajari tentang kandungan isi Al-Qur’an, khususnya yang terkait dengan akhlak mulia, karena bagi umat Muslim Al-Qur’an merupakan referensi utama dalam mengatur hidupnya di samping memahami tentang hadits Rasullullah SAW. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial yang terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13. (2) Untuk mengetahui implementasi dari nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13 di lingkungan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen,observasi, wawancara serta beberapa pemahaman kajian analisis tafsir (metode tahlili, induktif, komparatif).
Hasil dari penelitian ini adalah: secara garis besar terdapat empat poin utama terkait nilai-nilai pendidikan sosial yang ada dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13 yaitu: (1) sikap menjunjung tinggi kehormatan sesama muslim (dengan cara menghindari sikap mengolok-olok, mencela, memanggil dengan gelar yang buruk, berprasangka, ghibah, dan tajassus), (2) pendidikan Berprasangka baik (Husnudzon), (3) pendidikan untuk saling mengenal (ta’aruf), dan (4) pendidikan sosial tentang bertaubat. Sedangkan implementasi dari nilai-nilai tersebut dalam masyarakat sudah baik, karena memang di pengaruhi oleh faktor pendidikan masyarakat yang baik juga. Peran para tokoh masyarakat dan orang-orang penting di lingkungan masyarakat juga sangat membantu terwujudnya kehidupan sosial yang harmonis dan rukun.
Dari beberapa nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13 masih ada beberapa sikap sosial yang seharusnya di hindari oleh masyarakat namun dianggap seperti hal yang wajar di lakukan oleh seseorang seperti: kebiasaan ghibah, dan mencela orang lain. Sehingga masih perlu adanya pemahaman yang lebih agar masyarakat benar-benar mampu menerapkan sikap-sikap sosial yang baik di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Sosial, Al-Hujurat Ayat 11-13 |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.19 Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:28 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1139 |