HANIFA A’LA, 151310003440 (2020) PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003440_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003440_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003440_BAB II.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
151310003440_BAB III.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003440_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003440_BAB V.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
151310003440_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003440_lampiran.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan Pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui Pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya dengan menggunakan teknik wawancara.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari analisis menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara menggunakan 3 media yaitu kegiatan pembelajaran Aswaja di kelas (kurikuler) dengan mata pelajaran Aswaja, kegiatan pembelajaran (extrakurikurel ) dengan kajian kitab salaf, dan kegiatan penunjang keaswajaan yaitu dengan kegiatan khotmil qur’an bersama, istighosah, ziarah kubur, sholat dhuhur berjama’ah. (2) Faktor pendukung dari pendidikan Ahlussunnah wal Jamaah sebagai upaya menangkal radikalisme di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara diantaranya adalah kesadaran diri siswa, budaya madrasah, faktor guru.Faktor penghambat dari pendidikan Ahlussunnah wal Jamaah sebagai upaya menangkal radikalisme di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara diantaranya adalah minat belajar siswa, alokasi waktu, media sosial dan terbatasnya pengawasan guru.
Solusinya Perlunya kerjasama dari pihak madrasah, orang tua, serta masyarakat dalam upaya menangkal radikalisme
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Ahlussunnah wal Jamaah, Radikalisme |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:27 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1137 |