MUHAMMAD BAGUS FATKHAN IRFANUDIN, 161310003554 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM KISAH QABIL DAN HABIL (Telaah Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 27-31). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003554_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003554_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003554_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161310003554_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003554_BAB Iv .pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161310003554_BAB V.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
161310003554_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003554_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguraikan kandungan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Qabil dan Habil (telaah Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27-31). (2) menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Qabil dan Habil (telaah Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27-31) dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang berfokus pada kajian isi dan tahlili. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber dari riset pustaka seperti buku, literatur, dan koleksi yang dimiliki perpustakaan serta karya ilmiah yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam telaah Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27-31) dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Qabil dan Habil (telaah Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27-31) mencakup 3 hal, yakni nilaipendidikan Akidah (keimanan), nilai pendidikan syariah (ibadah), dan nilai pendidikan akhlak (budi pekerti). Nilai pendidikan akidah (keimanan) ini mencakup iman kepada allah (bertakwa), iman kepada rasul Allah, dan iman kepada qadha’ dan qadar. Nilai pendidikan syariah (ibadah) mencakup berkurban dan menguburkan jenazah. Nilai pendidikan akidah (budi pekerti) mencakup akidah kepada Allah (ikhlas, khauf, dan takwa).
Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam telaah Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27-31 dalam kehidupan sehari-haridapat diterapkan dalam masing-masing nilai pendidikan Islam baiknilai pendidikan akidah (keimanan), nilai pendidikan syariah (ibadah), dan nilai pendidikan akhlak (budi pekerti).Kata Kunci: Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Stress Kerja, Kompensasi, Motivasi Kerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Kisah Qabil Dan Habil, Dan Telaah Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 27-31. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:26 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1136 |