AHMAD FADHOLI, 161310003552 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM TRI SATYA PRAMUKA TINGKAT PENGGALANG (Studi Analisis Buku Boyman Karya Andri Bob Sunardi). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003552_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003552_BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
161310003552_BAB II.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
161310003552_BAB III.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
161310003552_BAB IV.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
161310003552_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
161310003552_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
161310003552_Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguraikan kandungan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka tingkat Penggalang dalam buku Boyman karya Andri Bob Sunardi. (2) menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka tingkat Penggalang dalam buku Boyman karya Andri Bob Sunardi di Lingkungan Sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang berfokus pada kajian isi. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber dari riset pustaka seperti buku, literatur, dan koleksi yang dimilki perpustakaan serta karya ilmiah yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka tingkat Penggalang dan implementasinya di lingkungan sekolah. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka tingkat Penggalang dalam buku Boyman karya Andri Bob Sunardi mencakup 3 hal, yakni nilai yang berhubungan dengan Allah (hablumminallah), nilai yang berhubungan dengan manusia (hablumminannas), dan nilai yang berhubungan dengan alam (hablumminalalam). Nilai yang berhubungan dengan Allah terdapat pada kewajiban pertama (kewajiban terhadap Tuhan), kewajiban ketiga (kewajiban terhadap Pancasila khususnya pada butir ke-1), dan kewajiban keenam (kewajiban terhadap Dasa Darma khususnya pada butir ke-1). Nilai berhubungan dengan sesama manusia terkandung dalam kewajiban kedua (kewajiban terhadap NKRI), kewajiban ketiga (kewajiban terhadap Pancasila khususnya pada butir ke-2, ke-3, ke-4, dan ke-5), kewajiban keempat (kewajiban sesama hidup), kewajiban kelima (kewajiban terhadap masyarakat), dan kewajiban keenam (kewajiban terhadap Dasa Darma khususnya pada butir ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7, ke-8, ke-9, dan ke-10). Nilai yang berhubungan dengan alam terkandung dalam kewajiban kedua (kewajiban terhadap NKRI) dan kewajiban keenam (kewajiban terhadap Dasa Dasa Darma khususnya pada butir ke-2).
Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka tingkat Penggalang di lingkungan sekolah terdiri dari 3 bentuk implementasi. Yakni implementasi nilai yang berhubungan dengan Allah di lingkungan sekolah, implementasi nilai yang berhubungan dengan sesama manusia di lingkungan sekolah, dan implementasi nilai yang berhubungan dengan alam di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tri Satya Pramuka, Dan Penggalang. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1129 |