Search for collections on Publications

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Kudus)

AMIROTUL ASQIYAK, 161420000105 (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Kudus). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 161420000105_COVER.pdf]
Preview
Text
161420000105_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_BAB I.pdf]
Preview
Text
161420000105_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_BAB II.pdf]
Preview
Text
161420000105_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_BAB III.pdf]
Preview
Text
161420000105_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_BAB IV.pdf]
Preview
Text
161420000105_BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_BAB V.pdf]
Preview
Text
161420000105_BAB V.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of 161420000105_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
161420000105_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam menentukan perilaku nasabah untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap suatu produk pembiayaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan-alasan pihak nasabah yang menjadi faktor untuk memilih dan mengambil pembiayaan mudharabah pada BPRS Suriyah Kudus dan untuk mengetahui faktor kunci dari berbagai faktor yang ada dalam mengambil keputusan untuk menjadi nasbah dan mengambil produk pembiayaan pada BPRS Suriyah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis (case study and field research) dengan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang membuat kesimpulan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenahi fakta-fakta yang terjadi pada nasabah pihak BMT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan, nasabah banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantara faktor- faktor tersebut adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Dari berbagai faktor-faktor tersebut, faktor yang termasuk pada faktor kunci adalah faktor pribadi, Faktor pribadi memang sangat mempengaruhi nasabah responden dalam memilih pembiayaan mudharabah pada BPRS Suriyah Kudus, karena kebanyakan nasabah dalam proses pengambilan keputusan pertama adalah mengenal dan mencari informasi dari rekan sejawat, komunitas atau opini masyarakat, kemudian dievaluasi secara pribadi secara perinci sesuai dengan kebutuhan lembaga BMT dan berdasarkan problematiaka yang terjadi pada lembaga BMT, diantaranya adalah kekurangan modal untuk mengembangkan, nasabah bermasalah terhadap angsuran, kecelakaan, bencana dan terkadang sakit juga menjadi kendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Miswan Ansori, S.E., M.B.A Pembimbing II : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Perilaku Konsumen, Keputusan Nasabah.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.155 Manajemen Pembiayaan, Deviden, Profitabilitas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 22 Dec 2021 08:40
Last Modified: 22 Dec 2021 08:40
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item
View Item