AMIROTUL ASQIYAK, 161420000105 (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Kudus). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161420000105_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161420000105_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161420000105_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161420000105_BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161420000105_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161420000105_BAB V.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
161420000105_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
Abstract
Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam menentukan perilaku nasabah untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap suatu produk pembiayaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan-alasan pihak nasabah yang menjadi faktor untuk memilih dan mengambil pembiayaan mudharabah pada BPRS Suriyah Kudus dan untuk mengetahui faktor kunci dari berbagai faktor yang ada dalam mengambil keputusan untuk menjadi nasbah dan mengambil produk pembiayaan pada BPRS Suriyah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis (case study and field research) dengan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang membuat kesimpulan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenahi fakta-fakta yang terjadi pada nasabah pihak BMT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan, nasabah banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantara faktor- faktor tersebut adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Dari berbagai faktor-faktor tersebut, faktor yang termasuk pada faktor kunci adalah faktor pribadi, Faktor pribadi memang sangat mempengaruhi nasabah responden dalam memilih pembiayaan mudharabah pada BPRS Suriyah Kudus, karena kebanyakan nasabah dalam proses pengambilan keputusan pertama adalah mengenal dan mencari informasi dari rekan sejawat, komunitas atau opini masyarakat, kemudian dievaluasi secara pribadi secara perinci sesuai dengan kebutuhan lembaga BMT dan berdasarkan problematiaka yang terjadi pada lembaga BMT, diantaranya adalah kekurangan modal untuk mengembangkan, nasabah bermasalah terhadap angsuran, kecelakaan, bencana dan terkadang sakit juga menjadi kendala.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Miswan Ansori, S.E., M.B.A Pembimbing II : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy. |
Uncontrolled Keywords: | Pembiayaan Mudharabah, Perilaku Konsumen, Keputusan Nasabah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.155 Manajemen Pembiayaan, Deviden, Profitabilitas |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 08:40 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 08:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1092 |