MUKHAMMAD NUR KHOLIS, 171240000723 (2021) GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA DONGOS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 171240000723_COVER.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
2. 171240000723_BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. 171240000723_BAB II.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
4. 171240000723_BAB III.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
5. 171240000723_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 171240000723_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 171240000723_BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. 171240000723_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 171240000723_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Saat ini dunia mengalami wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau Covid-19 (Coronavirus Diseases-19). WHO telah menetapkan bahwa Covid-19 sebagai pandemi yang meresahkan seluruh dunia. Pandemi Covid-19 berdampak besar pada dunia pendidikan. Tenaga pendidik menerapkan sekolah daring untuk memastikan siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran dirumah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MI Miftahul Huda Dongos, pelaksanaan pembelajaran secara daring dirasa kurang efektif, karena menimbulkan rasa bosan dan jenuh, terutama pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Materi yang terlalu banyak juga menyebabkan peserta didik malas untuk mempelajari materi tersebut, sehingga peserta didik kurang termotivasi dan semangat untuk belajar IPA. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi IPA yaitu aplikasi game belajar sambil bermain dan dibuat dengan aplikasi Construct 2 dengan menggunakan metode GRAPPLE. Game Edukasi dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat kepada peserta didik untuk belajar mata pelajaran IPA. Game ini dinamakan Gempa (Game Edukasi IPA). Aplikasi ini telah di uji oleh ahli materi dengan hasil 100%, ahli media sebesar 100% dan responden sebesar 93,14 % yang berarti aplikasi ini sangat layak untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi “Gempa” (Game Edukasi IPA) untuk memberikan pengetahuan fungsi organ tubuh manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom, M.Kom Pembimbing II : Nadia Annisa Maori, M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, IPA, Game Edukasi, Metode Grapple, Construct 2 |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 07:25 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 07:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1062 |