KONSEP PENDIDIKAN KARAKATER INTEGRALISTIK (Studi Analisis Terhadap Buku Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Karya Dr. ZUBAEDI, M.Ag., M.Pd.)

JAMAL HADI SANTOSO, 141310003219 (2020) KONSEP PENDIDIKAN KARAKATER INTEGRALISTIK (Studi Analisis Terhadap Buku Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Karya Dr. ZUBAEDI, M.Ag., M.Pd.). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003219_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_BAB II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003219_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi. 2) untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi dengan pendidikan saat ini.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, , untuk itu penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode content analysis yaitu suatu teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen tertulis. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang dimaksud untuk membuka pesan yang terkandung dalam bahasa tentang pendidikan Karakteryang diungkapkan oleh Dr. Zubaedi.
Hasil analisa, menunjukan bahwa konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr, Zubaedi merupakan konsep pendidikan yang mencakup pembelajaran sosial dan emosional, pengembangan pengetahuan atau penalaran moral, pendidikan keterampilan hidup, pendidikan kesehatan, pencegahan, kekerasan, pemikiran kritis, penalaran etika, resolusi, dan mediasi konflik. Semua saling terhubung satu sama lain (terintegrasi). Relevansi konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd. yaitu pendapat Zubaedi tentang pendidikan karakter terdapat 6 pilar pendidikan karakter yang relevan dengan konsep pendidikan karakter integralistik yaitu: kepercayaan, respek, tanggung jawab, keadilan, peduli dan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. AHMAD ALI MUNIR, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:34
Last Modified: 17 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item