TSURAYYA, 151310003370 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPN 1 BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003370_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003370_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003370_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003370_BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003370_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003370_BAB V.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
151310003370_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003370_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan tentang implementasi program literasi al-Qur’an di SMPN 1 Bangsri Jepara. (2) Untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program literasi al-Qur’an di SMPN 1 Bangsri Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa SMPN 1 Bangsri Jepara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program literasi al-Qur’an di SMPN 1 Bangsri Jepara secara yuridis mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015. Dalam pelaksanaan program literasi al-Qur’an, siswa dibiasakan membaca al-Qur’an selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai pada hari Rabu dan Kamis dengan dipandu oleh guru PAI melalui mikrofon utama di kantor. Siswa menirukan bacaan guru dari masing-masing kelas dengan diawasi guru yang akan mengajar pada jam pertama. Rata-rata siswa membawa satu mushaf al-Qur’an untuk dibaca bersama. Pembiasaan ini bermanfaat untuk melaksanakan ibadah membaca al-Qur’an dan mendapatkan pengetahuan tentang al-Qur’an. Siswa diajak untuk lebih mengenal al-Qur’an dengan cara membiasakan siswa untuk membaca al-Qur’an. Disamping itu dengan implementasi program literasi al-Qur’an, kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an juga mengalami peningkatan dari 71,25 menjadi 81,25. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu: Pertama, faktor pendukung meliputi, terdapat jadwal khusus pelaksanaan program literasi al-Qur’an, minat siswa, sarana dan prasarana yang memadai, partisipasti aktif semua guru, siswa merasa tenang setelah membaca al-Qur’an. Kedua, faktor penghambat yang meliputi, latar belakang pendidikan siswa, kurangnya dorongan orang tua, kesibukan guru. dan durasi waktu yang singkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Literasi Al-Qur’an, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:30 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/976 |