UPAYA MENGOPTIMALKAN PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MASJID UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Di Mi Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 )

FATIMATUZ ZAHRO, 151310003493 (2020) UPAYA MENGOPTIMALKAN PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MASJID UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Di Mi Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 ). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003493_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_BAB V.pdf - Published Version

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003493_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1.Untuk mendeskripsikan upaya mengoptimalkan peran guru dalam memanfaatkan masjid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. 2.Untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran Fiqih di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. 3. Untuk menjelaskan beberapa faktor yang mendukung dan menghambat dalam mengoptimalkan peran guru dalam memanfaatkan masjid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Teknik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia dari berbagai sumber yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan mengadakan reduksi data, yaitu data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun lebih sistematis, sehingga mudah dikendalikan
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Peran guru dalam memanfaatkan masjid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, adalah : (a) sebagai pendidik/ demonstator (b) sebagai pembimbing dengan tujuan agar siswa dapat terbiasa dengan ibadah yang benar, (c) sebagai fasilitator (d) sebagai motivator, (e) sebagai evaluator 2. Kualitas pembelajaran Fiqih di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020, adalah baik, karena tidak hanya ditentukan oleh materi ajar, tetapi banyak komponen-komponen sebagai faktor penunjang dalam keberhasilan meningkatkan mutu pelajaran yang akan dicapai. 3.Kendala secara teknis yaitu kurangnya lahan untuk pembangunan masjid sekolah sehingga dalam praktek secara bersama tidak dapat dilaksanakan dengan baik atau kurang efisien. Dalam penggunaan masjid untuk praktek lebih efisien jika dilaksanakan untuk maksimal dua kelas secara bersamaan. Kemudian sistem pengairan masjid sekolah yang belum stabil, sehingga memakan waktu dalam pembelajaran dikarenakan siswa antri untuk berwudhu. Berwudhu diwajibkam kepada siswa sebelum memasuki masjid, sehingga siswa senantiasa dalam keadaan suci atau berwudhu. Untuk itu dibutuhkan tambahan waktu selama praktek. Adapun kendala yang diperoleh dari faktor yang meningkatkan mutu pelajaran Fiqih Ibadah salah satunya yaitu dari guru dan anak didik. Guru Fiqih masih kewalahan ketika membimbing siswa sendiri dalam keadan praktek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Natsir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Mengoptimalkan Peran Guru, Memanfaatkan Masjid, Kualitas Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.623 Laboratorium Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:11
Last Modified: 16 Dec 2021 03:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item