PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BAWU BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ISNATUN KHOFSOH, 141310003267 (2020) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BAWU BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003267_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_BAB V.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003267_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan Metode Drill Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV MI Miftahul Huda Bawu Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran menghafal surat pendek pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Bawu Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah penerapan metode drill yang belum maksimal, kurangnya perhatian peserta didik dalam pembelajaran, kompetensi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, kesalahan dalam menentukan metode dalam penyampaian materi, sering terjadi kekosongan pada jam pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penerapan metode drill dalam pembelajaran menghafal surat pendek pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Bawu Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan cara mengidentifikasi materi-materi yang akan didrillkan, memulai latihan dengan menarik dan menyenangkan, dan mengingat pokok-pokok materi yang akan didrillkan agar mencapai sasaran.
Penerapkan metode drill terbukti meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi menghafal Q.S Al-adiyat dan Al-Insyirah pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Bawu Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Siklus dalam penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II.
Peningkatan tersebut dibuktikan melalui hasil belajar dari pra siklus, siklus I-siklus II. Pada pra siklus nilai rerata kelas 71.70, siklus I 73.61 dan siklus II adalah 82.44. pada pra siklus nilai terndah peserta didik adalah 55, siklus I 60 dan siklus II 71. Nilai tertinggi pada pra siklus 79, siklus I 89, dan siklus II 95. Ketuntasan pada pra siklus sebesar 40.74% dengan banyaknya peserta didik 11 dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 16 dengan persentase sebesar 59.25%. pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 14 dengan persentase sebesar 51.85% dan yang belum tuntas sebanyak 13 peserta didik dengan persentase sebesar 48.14%. pada siklus terakhir yakni siklus ke II banyaknya peserta didik yang tuntas adalah 26 dengan persentase sebesar 96.29% dan yang belum tuntas sebanyak 1 peserta didik dengan persentase 3.70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Natsir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Surat Pendek, dan Hasil Belajar.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:45
Last Modified: 16 Dec 2021 02:45
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item