PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RUKAN, 192610000715 (2021) PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
192610000715_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_BAB II.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_BAB IV.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_BAB V.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000715_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui peran kompetensi pedagogik guru dalam peningkatan mutu pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mendeskripsikan hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui peran kompetensi pedagogik guru pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Peneliti berusaha mengungkap peran kompetensi pedagogik guru dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif analitik. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data antara lain melalui pengamatan,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya melalui langkah : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah 1) Peran kompetensi pedagogik guru dalam peningkatan mutu pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, ialah Melakukan rancangan pembelajaran diantaranya membuat silabus, RPP, program tahunan, program semester, dan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran: dimana guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara telah membuat strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran seperti (metode metode ceramah, diskusi dan tanya jawab). Dan yang terakhir guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara melakukan evaluasi dan penilaian pembelajaran diantaranya menggunakan tes tertuli, tes lisan, tes uraian , dan penugasan, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pembelajaran, faktor pendukungnya ialah adanya kedisiplinan yang dilaksanakan oleh semua elemen yang ada di sekolah, terjalin kerja sama dan komunikasi yang baik antar kepala madrasah, guru dan staff kependidikan, adanya dukungan sarana prasarana yang baik, kemampuan manajerial dari kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara yang cukup baik, adanya kedekatan dan komunikasi yang baik antara sebagian guru dan siswa, dan faktor penghambatnya ialah penggunaan metode yang disampaikan oleh guru yang satu dengan guru yang lain sama, sehingga siswa cenderung cepat bosan. Kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam pembelajaran membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga berdampak pada beberapa siswa yang sering sering mengeluh dan bosan, 3) Hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui peran kompetensi pedagogik guru pada Madrasah Aliyah Negeri Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 ialah guru secara mandiri dapat melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,dan dapat melakukan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H. Sa’ddullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 09 Dec 2021 07:27
Last Modified: 09 Dec 2021 07:27
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item