PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN ASPEK RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG (Studi Kasus pada Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Lebak)

FARIDATUS SHOLIHAH, 161130000093 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN ASPEK RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG (Studi Kasus pada Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Lebak). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161130000093_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_BAB V.pdf - Published Version

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_DAFTAR PUTSAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000093_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pedagang di pasar tradisional Lebak sebagian besar menganut agama Islam. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan kegiatan bisnis perlu dilandasi perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islam dan Aspek Religiusitas Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional lebak). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskkriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pakaian yang beragama islam di pasar tradisional Lebak dan sampel yang diambil sebanyak 63 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan analisis menggunakan program SPSS versi 20.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan etika bisnis Islam (X1) dan aspek religiusitas (X2), variabel dependen perilaku pedagang (Y). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya aspek religiusitas yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dengannilai thitung sebesar 4,707 dannilai probabilitas signifikansi 0.000, sedangkan pengetahuan etika bisnis Islam tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Kemudian berdasarkan Uji F pengetahuan etika bisnis Islam dan aspek religiusitas secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terahadap variabel perilaku pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shalihul Aziz Widya Iriawan, S.E., M.E.Sy.
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Aspek Religiusitas, Perilaku
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 174.4 Etika Bisnis
200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:31
Last Modified: 06 Dec 2021 04:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item