ANALISIS SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) TERHADAP PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT AL HIKMAH MLONGGO

ENDAH NUR SEPTIANI, 161130000102 (2020) ANALISIS SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) TERHADAP PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT AL HIKMAH MLONGGO. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161130000102_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_BAB V.pdf - Published Version

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161130000102_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki oleh sebuah lembaga keuangan salah satunya yaitu Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dalam melakukan pemasaran produk murabahahnya, sehingga BMT ini dapat menentukan strategi apa yang harus diambil dalam upaya mengembangkan dan mempertahankan eksistensi BMT tersebut. Dalam hal ini BMT yang dimaksud yaitu BMT Al Hikmah Mlonggo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif studi kasus, yang artinya adalah eksplorasi dari “sistem terbatas” dan satu atau beberapa kasus tertentu dari waktu ke waktu melalui pengumpulan data mendalam dan terperinci yang melibatkan banyak sumber informasi yang kaya akan konteks.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui hasil wawancara dengan pihak BMT Al Hikmah Mlonggo, anggota BMT dan dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan dokumentasi,wawancara, dan observasi langsung di BMT Al Hikmah Mlonggo.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa BMT Al-Hikmah merupakan BMT terbesar di Jepara dan memiliki penawaran produk pembiayaan murabahah yang lebih murah daripada lembaga lain yaitu marginnya sekitar 1,5%, khusus untuk kredit pembiayaan motor. Untuk kelemahan dari produk ini yaitu dari segi SDM dan waktu, dari segi peluang, Al Hikmah memiliki banyak peluang yang tersedia contohnya pendirian pabrik-pabrik garmen di Jepara. Untuk ancaman dari produk ini lebih ke persaingan harga, tidak ada ancaman yang signifikan. Faktor penyebab naik turunnya pembiayaan murabahah disebabkan oleh faktor sosial dan ekonomi. Untuk strateginya, BMT akan melakukan edukasi dan sosialisasi, promosi yang lebih baik, meningkatkan pelayanannya, dan mengelola baitul maal sesuai dengan syariah Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shalihul Aziz Widya Iriawan, S.E., M.E.Sy.
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Pemasaran produk, Pembiayaan Murabahah.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam
200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:30
Last Modified: 06 Dec 2021 04:30
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item