ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI KEUANGAN (Studi Kasus Pada UMKM Konveksi yang ada di Kabupaten Jepara)

MIA AMALIA, 161110002053 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI KEUANGAN (Studi Kasus Pada UMKM Konveksi yang ada di Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161110002053_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_ BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_ BAB II L.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_ BAB III L.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_ BAB IV L.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_ BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110002053LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan usaha UMKM Konveksi di Kabupaten jepara dengan mengukur tingkat Literasi Keuangan UMKM Konveksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan di Keluarga, Tingkat Pendidikan, Lama Berusaha, dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Literasi Keuangan, dengan mengambil sampel responden melalui pelaku usaha UMKM Konveksi di Kabupaten Jepara sebanyak 245 dari populasi sebanyak 631 UMKM yang berdiri. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik perhitungan slovin.Variabel Independen penelitian ini adalah Pendidikan Pengelolaan Keuangan di Keluarga (X1), Tingkat Pendidikan (X2), Lama Berusaha (X3), dan Hasil Belajar Ekonomi serta Literasi Keuangan sebagai Variabel Dependen (Y).
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel kuota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari variabel Pendidikan Pengelolaan Keuangan di Keluarga, Tingkat Pendidikan, dan Lama Berusaha yang memiliki pengaruh positif terhadap Literasi Keuangan, memiliki nilai t hitung lebih besar dari > t tabel (1,65251). Sedangkan Hasil Belajar Ekonomi tidak berpengaruh terhadap Literasi Keuangan, karena memiliki nilai 0,199 t hitung lebih kecil dari < t tabel. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini yaitu 0,940. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 94% sedangkan sisanya 6% dijelaskan faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yunies Edward, S. E., M. M.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pengelolaan Keuangan di Keluarga, Tingkat Pendidikan, Lama Berusaha, Hasil Belajar Ekonomi, Literasi Keuangan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 657 Akuntansi > 657.07 Pendidikan Akuntansi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.15 Manajemen Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:15
Last Modified: 06 Dec 2021 02:18
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item