FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT JEPARA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI

AJENG PRASETYANINGTYAS, 161110001916 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT JEPARA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161110001916_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_BAB I.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_BAB II.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_BAB III.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_BAB V.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161110001916_Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan transaksi non tunai dari tahun ke tahun telah banyak mengalami peningkatan. Bank-bank sentral di dunia juga mendorong penggunaan instrumen pembayaran non tunai. Di Indonesia, penggunaan pembayaran non tunai selama satu dekade telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, terutama pada penggunaan e-money. Sehingga berdasarkan kenaikan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi penggunaan pembayaran non tunai.
Faktor-faktor dalam penelitian ini adalah: benefits, security dan self efficacy sebagai variabel independen yang mempengaruhi variabel dependen, cashless payment perceptions. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah seluruh masyarakat Jepara yang pernah melakukan transaksi non tunai. Data diperoleh dengan metode kuesioner dengan 100 responden pekerja dan pelajar. Data diolah menggunakan aplikasi Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel benefits dan security terhadap cashless payment perceptions pada masyarakat Jepara dilihat dari koefisien regresi untuk variabel benefits dan security yang menunjukkan nilai positif dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0.05. Sedangkan self efficacy berpengaruh negatif dan tidak signifikan dilihat dari nilai koefisien regresi untuk variabelnya yang menunjukkan nilai negatif dan nilai signifikansinya lebih besar dari 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Murharsito, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Benefits, Security, Self efficacy, Cashless Payment Perceptions
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:25
Last Modified: 03 Dec 2021 07:25
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item