IANATUS SHOLIKHAH, 161310003588 (2021) PENGARUH PENERAPAN TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) B.F. SKINNER DALAM PELAJARAN TAJWID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IBTIDA’ DI PONDOK PESANTREN AL-QONITAT MIFTAHUN NAJAH PEKENG TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003588_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003588_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003588_BAB II.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
161310003588_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003588_BAB IV.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003588_BAB V.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
161310003588_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003588_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui penerapan teori pembiasaan perilaku respon (operant conditioning) B.F. Skinner dalam pelajaran tajwid di kelas Ibtida’, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas Ibtida’, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan teori pembiasaan perilaku respon (operant conditioning) B.F. Skinner dalam pembelajaran tajwid terhadap motivasi belajar siswa kelas Ibtida` di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Pekeng Tahunan Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi. Sampel yang di ambil adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 40 siswa kelas Ibtida’ di Ponpes Alqonitat Miftahun Najah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Kuesioner (Angket), Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan teori operant conditioning dalam pelajaran tajwid adalah sangat baik hal ini dibuktikan dari tabel kecenderungan pengisian angket yang diperoleh yaitu 57,5% dan hasil tes setelah adanya penerapan teori tersebut yaitu 35% yang dikategorikan baik (2) Motivasi belajar siswa kelas Ibtida` adalah cukup. Hal ini dibuktikan dari tabel kecenderungan pengisian angket motivasi belajar yang diperoleh yaitu 42,5% (3) Pengaruh penerapan teori operant conditioning B.F. Skinner dalam pelajaran tajwid terhadap motivasi sebesar 11,4%, terdapat pengaruh signifikan dengan nilai r sebesar -0,338 dan r² sebesar 0,114, terbukti nilai Fhitung sebesar 4.912 > Ftabel sebesar 4,10 dan nilai signifikansi sebesar 0,033 < 0,05. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat banyak orang dan memberikan perbaikan khusus nya dalam pembelajaran tajwid kelas Ibtida` di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Pekeng Tahunan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teori Pembiasaan Perilaku Respon (Operan Conditioning) B.F. Skinner, Pelajaran Tajwid, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 01:30 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 01:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/686 |