ANALISIS RUAS JALAN SIMPANG EMPAT DI DESA KEDUNGCINO DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PKJI 201

WAHYU SAKSONO, 151230000100 (2021) ANALISIS RUAS JALAN SIMPANG EMPAT DI DESA KEDUNGCINO DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PKJI 201. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151230000100_COVER.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
151230000100_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
151230000100_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
151230000100_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
151230000100_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
151230000100_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
151230000100_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Analisis Ruas Jalan Simpang Empat Kedungcino Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014. Skripsi, Teknik Sipil, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Nadhlatul Ulama, Pembimbing I: Khotibul Umam,S.T.,M.T. Pembimbing II: Nor Hidayati, S.T.,M.T.
Transportasi memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, terutama di kota Jepara di desa Kedungcino. Peningkatan volume kendaraan dapat mempengaruhi tingkat kinerja lalu lintas yang pada akhirnya menimbulkan kemacetan jalan, yaitu bertambahnya jumlah penduduk secara pesat dan ketergantungan akan saran transportasi, kendaraan yang berhenti dan parkir, kendaraan tak bermotor dan penyebrang jalan. Penelitian ini tentang kinerja lalu lintas akibat besarnya hambatan samping terhadap kecepatan suatu ruas jalan. Beberapa metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja suatu ruas jalan diantaranya adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengkomparasi hasil analisis kinerja ruas jalan dari kedua metode tersebut. Pengambilan data dilapangan dilakukan selama tiga hari yang dimulai dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Dengan interval waktu 15 menit, lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu ruas jalan simpang empat Kedungcino yang dibagi menjadi empat segmen dengan kondisi ruas jalan yang berbeda – beda, ruas jalan simpang empat Kedungcino merupakan jalan dengan dua lajur dua arah tanpa median (2/2 UD). Hasil analisis data yang telah diperoleh dari salah satu segmen jalan yaitu jalan Jepara – Bangsri dengan menggunakan MKJI 1997 adalah 2813 smp/jam dengan volume puncak segmen 753,1 smp/jam, nilai derajat kejenuhan 0,71 smp/jam dan kecepatan arus bebas sebesar 43,56 km/jam dilihat berdasarkan parameternya. Sedangkan dengan PKJI 2014 kapasitasnya adalah 2929 skr/jam dengan volume puncak segmen 753,1 skr/jam, nilai derajat kejenuhan 0,71 dan kecepatan arus bebas sebesar 2929 skr/jam dilihat berdasarkan parameternya. Kedua metode tersebut memberkan hasil nilai kinerja yang sama meskipun terdapat perbedaan satuan pada kedua metode tersebut. Sehingga untuk menganalisis kapasitas jalan perkotaan suatu segmen ruas jalan bisa dengan menggunakan kedua metode MKJI 1997 dan PKJI 2014 tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nor Hidayati, S.T., M.T. Pembimbing II : Khotibul Umam, S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Lalu Lintas, MKJI 1997 dan PKJI 2014
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 624 Teknik Sipil > 625.7 Teknik Jalan Raya
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:09
Last Modified: 13 Feb 2023 02:45
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item