MIKROSIMULASI LALLINAS PADA SIMPANG EMPAT DENGAN SOFTWARE PTV. VISSIM STUDENT 8.0

DIAN EKO SANTOSO, 171230000222 (2021) MIKROSIMULASI LALLINAS PADA SIMPANG EMPAT DENGAN SOFTWARE PTV. VISSIM STUDENT 8.0. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171230000222_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_BAB V.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171230000222_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kondisi lalu lintas Kabupaten Jepara sangat tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk tiap tahun yang sampai tahun 2020 mencapai 1.275.182 jiwa dimana pada simpang empat Jl. Pecangaan-Damaran, Jl. Raya Jepara, Jl. Komp. Pasar Mayong, Jl. Mayong-Bungu nilai kapasitas simpang sudah tidak sebanding dengan jumlah volume kendaraan yang melintas sehingga sering terjadi kemacetan terutama pada jam sibuk. Analisis lalu lintas dapat dilakukan dengan berbagai metode salah satunya adalah dengan metode Mikrosimulasi menggunakan software PTV. Vissim. Metode ini dilakukan menggunakan data-data kondisi sebenarnya dilapangan dan di simulasikan kemudian di kalibrasi serta validasi model simpang secara trial and error dengan mempertimbangkan perilaku pengemudi. Setelah melakukan kalibrasi dan validasi dilakukan uji GEH (Geoffrey E. Havers) terhadap volume kendaraan pada masing-masing pendekat agar dapat diketahui hasil simulasi tersebut dapat diterima atau tidak. Berdasarkan hasil simulasi setelah dilakukan kalibrasi dan validasi lalu di uji dengan GEH didapatkan nilai panjang antrian pada lengan Jl. Pecangaan- Damaran sebesar (113,61136), Jl. Raya Jepara (78,826944), Jl. Komp. Pasar Mayong (24,11221), Jl. Mayong- Bungu (50,543219). Hasil simulasi juga didapatkan analisis siklus APILL pada simpang yang semula circle time 100 detik menjadi 110 detik untuk melihat perbedaan kinerja simpang. Selain itu, dilakukan percobaan untuk mengatasi Panjang antrian yang sangat tinggi dengan mencoba melakukan pelebaran jalan 50 cm dan membuat jalan flyover dengan lebar jalan 3 m. Analisis tersebut didapatkan nilai panjang antrian menjadi antara lain Jl. Pecangaan- Damaran sebesar (36,121449), Jl. Raya Jepara (22,362781), Jl. Komp. Pasar Mayong (6,935727), Jl. Mayong- Bungu (51,765923).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nor Hidayati, S.T., M.T. Pembimbing II : Yayan Adi Saputro, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Vissim, Kalibrasi, Validasi, GEH, Siklus APILL, Panjang Antrian
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 624 Teknik Sipil > 625.7 Teknik Jalan Raya
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:02
Last Modified: 01 Dec 2021 02:02
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item