MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN TRADISI MEMBACA AL-QUR’AN PADA MI MATHOLIUL ULUM 2 MENCO WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NUR ALI, 182610000560 (2020) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN TRADISI MEMBACA AL-QUR’AN PADA MI MATHOLIUL ULUM 2 MENCO WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
182610000560_ COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_BAB II.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_BAB IV.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000560_Lampiran.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebanyakan tipe manajemen kepemimpinan kepala madrasah hanya tunggal, banyaknya peserta didik madrasah ibtidaiyah yang belum mentradisikan membaca al-Qur’an serta masih banyaknya peserta didik madrasah ibtidaiyah yang belum hafal juz ke-30
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan Tradisi membaca Al-Qur’an melalui manajemen kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Ulum 2 Menco Wedung Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepemimpinan kepala madrasah terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi dapat mengembangkan Tradisi membaca Al-Qur’an pada Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Ulum 2 Menco Wedung Demak, meliputi 1) Kelancaran membaca Al-Qur’an, 2)Ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid 3) Kesesuaian membaca dengan makharijul huruf. Faktor-faktor pendukung dan penghamabat kegiatan; a) Faktor-faktor pendukungnya, yaitu orangtua, instansi madrasah, para siswa yang sangat antusias dalam mengikuti dan melaksanakan kegiatan Tradisi membaca Al Qur’an di madrasah, serta sumber daya manusia (SDM), guru pembina yang sangat berkompeten di bidangnya. b) faktor penghambatnya adalah masih banyaknya peserta yang kemampuan bacaan Al Qur’an masih kurang, kurangnya ketertarikan untuk mendalami bacaan Al Qur’an, bacaan orang-orang yang masih mengikuti bacaan orang tua dahulu sehingga bacaannya masih sulit dibetulkan, Banyak orang yang belum mengetahui tentang tahsin, serta kurangnya tenaga pendidik yang mengampu BTA, karena perkelas lebih dari 30 siswa harusnya satu kelas memiliki lebih dari satu guru Pendukung.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd Pembimbing II : Dr. Moh. Nasuha, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Karakter Disiplin, Pramuka
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:45
Last Modified: 29 Nov 2021 03:45
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item