PERAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH WALISONGO KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ERNA WAHYUNI, 182610000633 (2020) PERAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH WALISONGO KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 182610000633_COVER.pdf - Published Version

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 182610000633_BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 182610000633_BAB II.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 182610000633_BAB III.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 182610000633_BAB IV.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 182610000633_BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 182610000633_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 182610000633_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Walisongo Kayen Pati. Informan penelitian adalah Kepala Madrasah dan dewan guru di Madrasah Aliyah Walisongo Kayen Pati. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini ada tiga hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, antara lain : a) senantiasa menerima masukan baik itu saran maupun kritikan (tidak otoriter), secara sosial baik, mendukung setiap kegiatan madrasah. b) Bersikap demokratis terhadap masalah apapun. c) menyediakan fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, yaitu: a) faktor pendukung, meliputi : fasilitas, situasi dan kondisi belajar, latar belakang pendidikan guru, Koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan siswa, Adanya kegiatan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah, Partisipasi siswa yang aktif dalam kegiatan sekolah, dan Adanya konsistensi guru yang hadir sesuai jadwal kegiatan. b) faktor penghambatnya, antara lain : siswa yang tidak kondusif, kualitas tenaga pendidik, guru yang tidak memiliki kelayakan kompetensi, sarana prasarana yang kurang memadai, dan, lemahnya motivasi dalam meningkatkan kemampuan. 3) Hasil peningkatan kompetensi professional guru melalui kepemimpinan kepala ialah sebagai berikut : Meningkatnya profesionalisme para pendidik, Meningkatnya kedisiplinan seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa, Meningkatnya metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan tidak membuat bosan siswa, Mengahasilkan lulusan yang berkualitas dengan nilai terbaik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:41
Last Modified: 29 Nov 2021 03:41
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item