PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG KUDUS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTS NU RAUDLOTUT THOLIBIN SIDOMULYO JEKULO KUDUS TAHUN 2018/2019

SAIFUL HUDA, 172610000459 (2020) PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG KUDUS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTS NU RAUDLOTUT THOLIBIN SIDOMULYO JEKULO KUDUS TAHUN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1.172610000459_COVER.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.172610000459_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000459_BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.172610000459_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.172610000459_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.172610000459_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.172610000459_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.172610000459_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview

Abstract

Kurikulum mempunyai peranan sangat penting dalam mewujudkan generasi Sholih Akrom yang berguna untuk Nusa dan Bangsa. Kurikulum dapat di ibaratkan jantung pendidikan. Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Bangsa akan menjadi maju apabila memiliki sumber daya manusia yang berkualitas atau bermutu tinggi. Demi mewujudkan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman,perlu adanya upaya penyempurnaan kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : 1) Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Kurikulum Madrasah Tsanawiyah. 2) Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Peran Lembaga Pendidikan Ma’arif NU cabang Kudus dalam Pengembangan Kurikulum di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Field research yaitu penelitian yang bertujuan melakukan studi mendalam mengenai suatu unit sosial,sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut.Adapun teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan metode wawancara dan observasi.
Hasil dari Penelitian menunjukkan bahwa (1) MTs NU Radlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus telah melakukan tahapan Proses Pengembangan Kurikulum dengan baik meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.(2) Dalam Pengembangan Kurikulum Mulok PAI MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus memiliki karakter khas yang jarang dimiliki Madrasah lain diantaranya dengan menonjolkan mata pelajaran muatan lokal seperti halnya mata pelajaran Taqrib dan Albarjanzi.(3) Dalam Pengembangan Kurikulum Muatan lokal Wajib dari Lembaga Pendidikan Ma’arif NU,MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus menambah jam mata pelajaran Adab (Ta’limul Muta’allim) menjadi dua jam pelajaran dari yang seharusnya berbobot satu jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh.Nasuka, SE., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Pengembangan Kurikulum, MTs NU Raudlatut Tholibin
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:12
Last Modified: 29 Nov 2021 03:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item