KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS X DI MA MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA

VINA WIDIYANTI, 151310003416 (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS X DI MA MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003416_cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_BAB V.pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003416_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara. (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) yang digunakan pada mata pelajaran Qur’an Hadits sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa digunakan metode tes tertulis (pretest dan posttest) berjumlah 20 soal dan observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas pendidik dan peserta didik.
Data yang terkumpul dianalisa menggunakan teknik analisis statistik dengan membandingkan nilai posttest siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara sudah sangat baik.. (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) efektif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang telah dilakukan yaitu membandingkan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan, diperoleh thitung = 4,98 > ttabel = 2,00, sehingga Ha diterima, dengan kata lain penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Group to Group Exchange (GGE), Prestasi Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 22 Nov 2021 07:29
Last Modified: 22 Nov 2021 07:29
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item