EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MTS SHOFA MARWAH SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020

MUHAMMAD NOR ISKANDAR, 151310003319 (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MTS SHOFA MARWAH SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003319_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003319_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kefektifan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur'an Hadits peserta didik di kelas VIII MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara (2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dengan peserta didik yang pembelajarannya tanpa menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs di kelas VIII MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020.

Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu variabel bebas: Penggunaan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (variabel X), Prestasi belajar mata pelajara Al-Qur’an Hadits (variabel Y).

Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebesar 0,43 > 0,05 dan t hitung 2.592 > t tabel 2,034, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, Strategi pembelajaran practice rehearsal pairs efektif digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII MTs. Shofa Marwah Sowan Lor kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:00
Last Modified: 22 Nov 2021 04:00
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item