Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK DI KELAS V SDN 1 KUANYAR

SITI DURROTUN NI’MAH, 181330000284 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK DI KELAS V SDN 1 KUANYAR. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000284_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000284_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000284_BAB I.pdf] Text
181330000284_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000284_BAB II.pdf] Text
181330000284_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181330000284_BAB III.pdf] Text
181330000284_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000284_BAB IV.pdf] Text
181330000284_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000284_BAB V.pdf] Text
181330000284_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[thumbnail of 181330000284_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000284_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000284_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000284_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan membaca peserta didik di kelas V SD Negeri Kuanyar yang masih rendah, dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dan media yang tersedia belum banyak, masih menggunakan buku cetak untuk penunjang pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengunaan media wayang kertas dalam materi membaca cerita anak untuk meningkatkan hasil belajar anak dikelas V SD Negeri 1 Kuanyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil keterampilan membaca pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 64,17 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 77,56.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test adalah signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat efektifitas penerapan model think pair share (TPS) menggunakan media wayang kertas terhadap keterampilan membaca cerita anak di kelas V SDN 1 Kuanyar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Wayang kertas, Keterampilan Membaca.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:47
Last Modified: 24 Jul 2023 03:47
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item
View Item