Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA IMAGE SORTING CARD (ISC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA SISWA KELAS IV SD N BAPANGAN JEPARA

LANDIANA EKA IRIAMI, 171330000208 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA IMAGE SORTING CARD (ISC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA SISWA KELAS IV SD N BAPANGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000208_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000208_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000208_BAB I.pdf] Text
171330000208_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000208_BAB II.pdf] Text
171330000208_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000208_BAB III.pdf] Text
171330000208_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000208_BAB IV.pdf] Text
171330000208_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000208_BAB V.pdf] Text
171330000208_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of 171330000208_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000208_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000208_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000208_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Bapangan pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah KKM. Sekolahan telah menentukan KKM mata pelajaran IPA yaitu 70. Dari 26 siswa hanya ada 13 siswa saja yang nilainya diatas KKM. Hal ini disebabkan oleh Guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang menarik. Adapun hal lain yaitu pembelajaran merupakan peralihan dari sistem pembelajaran daring ke sistem pembelajan luring. Fokus penelitian ini yaitu pada hasil belajar ranah kognitif saja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan serta mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Image Sorting Card (ISC) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Gaya Siswa Kelas IV SD N Bapangan Jepara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Bapangan Jepara. Subjek serta populasi penelitiannya yaitu 26 siswa kelas IV. Adapun sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest and posttest design. Teknik analisis data dibantu menggunakan IBM SPSS 26 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan dari nilai Nilai terendah hasil pretest adalah 27, nilai tertinggi adalah 80 dan memiliki rata rata 57,9, artinya tingkat pemahaman siswa terhadap materi masih tergolong rendah. Sedangkan setelah adanya perlakuan berupa pembelajaran dengan model pembelajaran STAD berbantuan media ISC terhadap materi gaya seluruh siswa lulus KKM. Nilai terendah dari hasil posttest adalah 73 sedangkan nilai tertingginya yaitu 100 memiliki rata rata 84,5. Uji hipotesis menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil pengolahan data terdapat koefisien determinasi yaitu sebesar 80,4% yang artinya perlakuan dengan model pembelajaran STAD berbantuan media ISC pada hasil belajar IPA materi Gaya siswa kelas IV SDN Bapangan mempengaruh secara positif sebesar 80,4%, nilai ini tergolong tinggi. Sisanya yaitu 19,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: STAD, ISC, hasil Belajar, IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:26
Last Modified: 20 Jul 2023 04:26
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item
View Item