PUDJI ASTUTI, 151310003373 (2020) PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA SEBAGAI UPAYA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS. MIFTAHUL FALAH BALONG KEMBANG JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003373_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003373_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003373_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
151310003373_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003373_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003373_BAB V.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
151310003373_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (909kB) | Preview
151310003373_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan perencanaan pemanfaatan laboratorium agama dalam pembelajaran Fiqih di MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020. 2) Untuk menjelaskan pelaksanaan pemanfaatan laboratorium agama dalam pembelajaran Fiqih MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui dampak pemanfaatan laboratorium agama terhadap mutu pembelajaran Fiqih MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini dibahas mengenai pemanfaatan laboratorium agama sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pembelajaran Fiqih di MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain adalah: wawancara, dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian baik yang bersifat kepustakaan maupun yang bersifat penelitian lapangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pemanfaatan laboratorium agama dalam pembelajaran Fiqih di MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020 adalah berkaitan dengan waktu pelaksanaan, penyediaan alat-alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran di lab, serta urutan langkah-langkah atau prosedur pembelajaran yang akan dijalankan. 2) Pelaskanaan pemanfaatan laboratorium agama dalam pembelajaran Fiqih MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020 adalah bagian dari proses kegiatan pembelajaran Fiqih yang lebih menekankan pada kegiatan nyata seperti demonstrasi dan paktek tentang materi pelajaran yang telah disampaikan dalam kelas. Alat-alat peraga dan sarana penunjang pembelajaran Fiqih lainnya diadakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk efektifitas proses dan hasil pembelajaran Fiqih. 3) Ada dampak positif pemanfaatan laboratorium agama terhadap mutu pembelajaran Fiqih MTs. Miftahul Falah Balong Kembang Jepara tahun ajaran 2019/2020. Hal itu ditunjukkan dengan aktivitas kegiatan pembelajarannya baik guru dan siswa yang lebih meningkat, proses pembelajaran yang berlangsung kondusif dan aktif dengan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, pengalaman belajar yang lebih nyata serta penguasaan materi pelajaran dan pencapaian hasil pembelajaran Fiqih yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Agama, Mutu, Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.623 Laboratorium Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:50 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:50 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/540 |