Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KALIAMAN

VINA AMELIASARI, 181330000375 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KALIAMAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 181330000375_COVER.pdf] Text
181330000375_COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000375_BAB I.pdf] Text
181330000375_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000375_BAB II.pdf] Text
181330000375_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000375_BAB III.pdf] Text
181330000375_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000375_BAB IV.pdf] Text
181330000375_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000375_BAB V.pdf] Text
181330000375_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 181330000375_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000375_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of 181330000375_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000375_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Matematika siswa materi kecepatan menjadi alasan dilakukannya penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match (ICM). Hasil nilai ulangan siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi kecepatan menunjukkan bahwa 18 dari 32 siswa memperoleh nilai dibahawah KKM (70). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Index Card Match (ICM) pada mata pelajaran Matematika materi kecepatan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Kaliaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimental design dengan benttuk one group pretest posttest. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik total sampling atau sample jenuh, karena populasi 32 siswa digunakan seluruhnya dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji paired sample t-test dan uji regresi linier sederhana).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebelum menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) dan setelah menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM). Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan presentase hasil belajar siswa dari hasil pretest 63% dan hasil posttest 100% tuntas, artinya terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar 37%. Pada uji paired sample t-test diketahui bahwa nilai Sig(2-tailed) adalah 0,000 maka diperoleh kriteria bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji hipotesis menggunakan uji regresi liner sederhana diketahui bahwa nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,5, jadi disimpulkan bahwa model persamaan regresi berdasarkan data penelitian yang dilakukan adalah signifikan dan memenuhi kriteria. Uji regresi linier sederhana juga diketahui bahwa nilai koefisien regresi adalah 0,485, artinya arah hubungan antara variabel bebas dan terikat adalah searah atau linier. Berdasarkan R Square diperoleh hasil sebesar 0,495, artinya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 49,5%.
Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar Matematika materi kecepatan kelas V SD Negeri 4 Kaliaman. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dorongan semangat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar, dapat menjadi referensi guru untuk lebih inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut guna untuk memperluas hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Index Card Match (ICM), hasil belajar, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:09
Last Modified: 18 Jul 2023 06:09
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item
View Item