Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN JINGGOTAN JEPARA

TRI ULFA PRAMUSTIKA, 171330000140 (2022) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN JINGGOTAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000140_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000140_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000140_BAB I.pdf] Text
171330000140_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000140_BAB II.pdf] Text
171330000140_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 171330000140_BAB III.pdf] Text
171330000140_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000140_BAB IV.pdf] Text
171330000140_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000140_BAB V.pdf] Text
171330000140_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of 171330000140_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000140_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000140_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000140_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SDN Jinggotan Jepara. Hal tersebut karena guru menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dan kurang memahami materi pembelajaran. Penelitian ini fokus terhadap hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan menerapkan model CTL. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model CTL terhadap hasil belajar IPA materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN Jinggotan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Jinggotan Jepara dengan jumlah populasi 15 siswa. Variabel dalam penelitian ini ada 2 jenis yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel independennya adalah model CTL. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda berjumlah 15 butir soal. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statistic versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 12, 614 > 0,413 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN Jinggotan Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Hasil Belajar, IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:07
Last Modified: 18 Jul 2023 06:07
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item
View Item