Search for collections on Publications

PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM TENTANG TEORI KONVERGENSI DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK

UNUN NAILIS SURAYYA, 151310003420 (2020) PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM TENTANG TEORI KONVERGENSI DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 151310003420_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003420_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003420_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003420_BAB II.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003420_BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003420_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003420_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003420_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003420_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
151310003420_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui tentang pembentukan kepribadian anak menurut teori konvergensi (2) Untuk mengetahui tentang pembentukan kepribadian anak menurut teori konvergensi dalam perspektif pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan library research atau telaah pustaka. Adapun analisis kajian dalam penelitian ini dengan cara, jika data telah terkumpul, dilakukan analisis data secara kualitatif dengan instrumen analisis deduktif, intepretatif dan komparatif. Deduksi merupakan langkah analisis dari hal-hal yang besifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus. Intepretatif artinya menafsirkan, membuat tafsiran, tetapi yang tidak bersifat subyektif (menurut selera orang yang menafsirkan) melainkan bertumpu pada fakta obyektif untuk mencapai kebenaran yang obyektif, dalam hal ini yang menjadi tumpuan adalah Al-Qur’an dan hadits. Sedangkan komparatif dipergunakan untuk membandingkan antara konsep yang satu dengan yang lainnya. untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diteliti.
Hasil kajian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut: 1) Dalam konsep pembentukan kepribadian anak yang ditawarkan oleh teori konvergensi, bahwa pembentukan kepribadian anak itu telah ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor turunan dan lingkungan. Konvergensi tidak menerima adanya faktor yang terpisah satu sama lain. Untuk itu teori konvergensi memang datang dalam rangka untuk mengambil peran dalam menanggapi dua aliran yang saling bertentangan, yaitu antara teori nativisme dan empirisme. 2) Di dalam teori konvergensi dalam perspektif pendidikan Islam tentang kaitannya dengan pembentukan kepribadian, anak ada satu sisi kesamaan dengan teori konvergensi yang menganggap bahwa faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian anak dipengaruhi oleh dua faktor. Akan tetapi, disisi lain ada titik ketidaksamaan antara pendidikan Islam dengan teori konvergensi, yaitu dalam pendidikan Islam pembentukan kepribadian anak, selain ditentukan oleh faktor turunan dan lingkungan, yaitu adanya faktor ketentuan Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Konvergensi, Pembentukan Kepribadian.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:22
Last Modified: 22 Nov 2021 03:22
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item