UNUN NAILIS SURAYYA, 151310003420 (2020) PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM TENTANG TEORI KONVERGENSI DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003420_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003420_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003420_BAB II.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
151310003420_BAB III.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003420_BAB IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003420_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003420_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003420_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui tentang pembentukan kepribadian anak menurut teori konvergensi (2) Untuk mengetahui tentang pembentukan kepribadian anak menurut teori konvergensi dalam perspektif pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan library research atau telaah pustaka. Adapun analisis kajian dalam penelitian ini dengan cara, jika data telah terkumpul, dilakukan analisis data secara kualitatif dengan instrumen analisis deduktif, intepretatif dan komparatif. Deduksi merupakan langkah analisis dari hal-hal yang besifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus. Intepretatif artinya menafsirkan, membuat tafsiran, tetapi yang tidak bersifat subyektif (menurut selera orang yang menafsirkan) melainkan bertumpu pada fakta obyektif untuk mencapai kebenaran yang obyektif, dalam hal ini yang menjadi tumpuan adalah Al-Qur’an dan hadits. Sedangkan komparatif dipergunakan untuk membandingkan antara konsep yang satu dengan yang lainnya. untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diteliti.
Hasil kajian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut: 1) Dalam konsep pembentukan kepribadian anak yang ditawarkan oleh teori konvergensi, bahwa pembentukan kepribadian anak itu telah ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor turunan dan lingkungan. Konvergensi tidak menerima adanya faktor yang terpisah satu sama lain. Untuk itu teori konvergensi memang datang dalam rangka untuk mengambil peran dalam menanggapi dua aliran yang saling bertentangan, yaitu antara teori nativisme dan empirisme. 2) Di dalam teori konvergensi dalam perspektif pendidikan Islam tentang kaitannya dengan pembentukan kepribadian, anak ada satu sisi kesamaan dengan teori konvergensi yang menganggap bahwa faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian anak dipengaruhi oleh dua faktor. Akan tetapi, disisi lain ada titik ketidaksamaan antara pendidikan Islam dengan teori konvergensi, yaitu dalam pendidikan Islam pembentukan kepribadian anak, selain ditentukan oleh faktor turunan dan lingkungan, yaitu adanya faktor ketentuan Allah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M. Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Konvergensi, Pembentukan Kepribadian. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:22 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/534 |