Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN 4 RAGUKLAMPITAN BATEALIT JEPARA

NUR SAIDAH, 181330000304 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN 4 RAGUKLAMPITAN BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000304_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000304_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000304_BAB I.pdf] Text
181330000304_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000304_BAB II.pdf] Text
181330000304_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 181330000304_BAB III.pdf] Text
181330000304_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000304_BAB IV.pdf] Text
181330000304_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000304_BAB V.pdf] Text
181330000304_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[thumbnail of 181330000304_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000304_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000304_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000304_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika materi bangun datar kelas III SDN 4 Raguklampitan karena pembelajaran konvesional dan menggunakan media pembelajaran seadanya yang ada diruang kelas.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media Geoboard terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun datar dan perbedaan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media Geoboard pada materi bangun datar siswa kelas III SDN 4 Raguklampitan Batealit Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Desain dengan tipe one Grup Pretest-Posstest desaign. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 4 Raguklampitan dengan popoulasi dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aktivitas belajar siswa pada saat pretest menunjukkkan nilai rerata sebesar 57 sedangkan, nilai posttest (setelah menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media Geoboard) hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 79. Kenaikan atau selisih nilai pretest dan posttest sebesar 22. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotisis yaitu uji paired sample t test atau uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 jika dilihat dari taraf nilai yang signifikan 0,05 yang artinya nilai signifikan 0,000 < 0,005 dengan kriteria pengambilan keputusan apabila 0,000 < 0,05 atau sama artinya dengan thitung > ttabel yaitu 12,991 > 0,3494 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media Geoboard terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Media Geoboard, Pemahaman Konsep Matematika dan Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:50
Last Modified: 14 Jul 2023 02:50
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item
View Item